Opening

2024, Bandar Udara Pohuwato Mengudara Rute : Pohuwato- Djalaludin Gorontalo-Manado, -Palu

4823
×

2024, Bandar Udara Pohuwato Mengudara Rute : Pohuwato- Djalaludin Gorontalo-Manado, -Palu

Sebarkan artikel ini
Kepala Bandara Pogogul Buol, Tri Nugroho dengan Bupati Saipul Mbuinga turut dihadiri Sekda Iskandar Datau, Kadis Perhubungan, Hikman Katohidar, dan Kepala Bappeda, Irfan Saleh Selasa (10/05) kemarin

Tahun ini 2023 seluruh pembangunan bandar udara Pohuwato akan rampung. Di 2024 langit Kabupaten Pohuwato terbuka, layani penerbangan dengan pesawat ATR 72 dan sejenisnya

Editor : Sahril Rasid
Kontributor : Iwan Karim

GORONTALO (RG-COM)— KPA unit penyelenggara bandar udara (UPBU) Pogogul Buol, Tri Nugroho mengatakan. Bandar Udara Pohuwato akan mengudara tahun 2024.

Untuk penerbangan perdana, para penumpang akan dilayani pesawat jenis ATR 72 dengan rute Bandara Pohuwato-Bandara Djalaludin Tantu Gorontalo, Bandar Udara Sam Ratulangi Manado- dan Bandar udara Mutiara SIS AL-Jufri Palu Sulteng.

Ini dijelaskan langsung oleh Tri Nugroho kepada bupati Pohuwato Saipul Mbuinga Selasa (9/5/2023)di Marisa kemarin.

Pertemuan Kepala Bandara Pogogul Buol, Tri Nugroho dengan Bupati Saipul Mbuinga turut dihadiri Sekda Iskandar Datau, Kadis Perhubungan, Hikman Katohidar, dan Kepala Bappeda, Irfan Saleh di meeting room kantor bupati.

Dikatakan Tri Nugroho, selain silaturahmi ia juga melaporkan perkembangan pembangunan bandar udara Pohuwato.

YANG mana proses pembangunannya berjalan sesuai jadwal dan rampung dikerjakan tahun 2023 ini, dan dioperasionalkan tahun 2024.

“Pekerjaan sekarang telah memasuki tahap pekerjaan konstruksi runway, apron, taxiway, bangunan terminal serta sarana pendukung lainnya,” kata Tri Nugroho.

Sesuai target awal seluruh pekerjaan selesai Desember 2023,tambah Tri Nugroho.
Sesuai rencana induk bandara Pohuwato baru dapat didarati pesawat sejenis ATR 72 dengan rute Pohuwato-Manado dan Pohuwato-Palu.

“Jadi, rute yang diharapkan adalah Manado-Gorontalo-Pohuwato-Palu. Artinya, masyarakat Gorontalo bisa ke Manado dan bisa ke Palu dari Pohuwato melalui Gorontalo.”,terang Kepala Bandara Pogogul.

Selanjutnya terkait penerbangan, terdapat beberapa mekanisme diantaranya penerbangan yang bersifat komersial dan penerbangan yang bersifat subsidi.
Kata Tri Nugroho untuk penerbangan subsidi, nantinya akan diusulkan kepada Kementerian Perhubungan sesuai dengan permohonan yang disampaikan bupati.

Dimana permohonan tersebut sejalan dengan permohonan yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo ke Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga merespon baik penjelasan Kepala Bandara Pogogul Buol.

Yang telah menyampaikan progres pekerjaan bandara pohuwato yang telah memasuki pertengahan tahun di 2023.

Terlebih target penyelesaian bandara kedua di Gorontalo selesai akhir tahun dan pada awal 2024 sudah bisa dioperasionalkan.

“Mewakili masyarakat Pohuwato kami berharap konektivitas udara untuk wilayah Pohuwato bisa menjadi perhatian pula terutama masyarakat yang melakukan mobilisasi ke seluruh wilayah Indonesia,” Kata Saipul Mbuinga.

Bupati juga berharap rute penerbangan baik dari Pohuwato Manado-Palu bisa diusulkan sekarang,.

Mengingat ketika bandara ini sudah selesai maka penerbangan mulai dilakukan. Olenhya usulan rute bisa diselesaikan bersama termasuk keterlibatan pemerintah Provinsi Gorontalo.

“ Kami bersyukur sekalipun baru didarati pesawat ATR 72 atau sejenis pesawat kecil lainnya, itu taka pa. Itu sangat disyukuri seluruh komponan masyarakat. Terpenting, langit Pohuwato sudah terbuka untuk jalur bisnis dan pariwisata,” ujar bupati Saipul.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *