Opening

BPKP Gorontalo Serahkan LHP Program Pembangunan 2022

209
×

BPKP Gorontalo Serahkan LHP Program Pembangunan 2022

Sebarkan artikel ini
 Penyerahan LPH oleh Kepala BPKP Gorontalo kepada Gubernur Hamka Hendra (f.kominfo)

GORONTALO (RG) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan (LHP) terhadap program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun 2022.

LHP diserahkan oleh Kepala BPKP Gorontalo, Heru Tarsila, kepada Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Selasa (7/2).

“Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat yang ada di daerah, itu artinya adalah pimpinan saya. Oleh karenanya kami punya kewajiban melaporkan hasil pengawasan kegiatan selama tahun 2022,” kata Heru.

Heru menjelaskan, pengawasan BPKP tahun 2022 meliputi tujuh tema. Terdiri dari reformasi pembangunan sumber daya manusia, penguatan infrastruktur dan konektivitas, serta peningkatan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan daerah.

Selain itu ada pula tema yang menyangkut ketahanan pangan, pemulihan ekonomi, Governance, Risk, and Control (GRC), agenda pengawasan sesuai ciri khas daerah.

“Selain kepada pak Gubernur, hasil pengawasan ini juga disampaikan kepada instansi yang diaudit. Apa yang sudah kami sampaikan dalam laporan itu wajib ditindaklanjuti oleh instansi yang bersangkutan,” tutur Heru.

Menyangkut tindak lanjut terhadap LHP BPKP tersebut, Penjagub Hamka meminta agar diseriusi oleh setiap instansi yang diaudit. Hamka menyebut beberapa program pembangunan infrastruktur yang menjadi penekanan BPKP, di antaranya bandara Pohuwato, pelabuhan Anggrek, termasuk revitalisasi Danau Limboto.

“Intinya BPKP ini mengevaluasi kemudian menganalisis dan memberikan saran kepada pemerintah. Hasil evaluasi tersebut nanti akan kita bahas dengan OPD dan instansi vertikal terkait lainnya untuk menindaklanjuti LHP BPKP,” pungkasnya. (RG-25/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *