Opening

RS Ainun Habibie Gorontalo, Diperjuangkan Naik ke Tipe B

180
×

RS Ainun Habibie Gorontalo, Diperjuangkan Naik ke Tipe B

Sebarkan artikel ini
Foto : Pertemuan Penjagub Hamka Hendra bersama Menkes, di Jakarta (f.istimewa)

JAKARTA (RG) – Rumah sakit Hasri Ainun Habibie secara fasilitas dan tenaga medis terus ditingkatkan. Tak heran, tahun ini Pemerintah provinsi Gorontalo berusaha menaikan tipe rumah sakit dari Tipe C ke Tipe B.

Inilah salah satu upaya Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menemui Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, di Gedung Kantor Kemenkes, Jalan Kuningan, Jakarta, Jumat (27/1/2023) kemarin.

Kunjungan Hamka ini adalah untuk memperjuangkan Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie masuk dalam program prioritas Kemenkes Tahun 2023 bersama dengan rumah sakit daerah lainnya yang jadi prioritas.

“RS Ainun saat ini sangat membutuhkan struktur bangunan untuk peningkatan tipe dari C ke B. Alhamdulilah kami menemui Pak Menkes dan diterima dengan sangat baik. Pak Menkes sampaikan beliau akan mendukung, akan mencari alternatif pembiayaan untuk pengembangan RS Ainun dari tipe C ke Tipe B. Kita akan follow up ini,” kata Hamka saat di wawancarai usai pertemuan.

Dijelaskan bahwa Kemenkes mengeluarkan lima program prioritas yang akan dilakukan pada APBN 2023. Salah satunya yaitu peningkatan kualitas layanan kesehatan masyarakat dengan restrukturisasi rumah sakit di seluruh Indonesia.

Tujuannya, meningkatkan pelayanan penyakit-penyakit risiko kematian tinggi dan biaya besar seperti jantung, stroke, dan kanker. Menurutnya RS Ainun bisa masuk di prioritas ini, jika diperjuangkan dengan baik.

“Yang pasti pihak Kementerian Kesehatan menaruh perhatian besar bukan hanya di Provinsi tapi semua daerah-daerah kabupaten dan kota di Gorontalo. Dalam waktu
dekat juga pak Wamen akan berkunjung ke Kabupaten Pohuwato. Nanti akan kita ajak meninjau RS Ainun,” pungkasnya. (RG-25)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *