Opening

Kecamatan Bone, Gorontalo. Tenggelam, Diterjang Banjir 

153
×

Kecamatan Bone, Gorontalo. Tenggelam, Diterjang Banjir 

Sebarkan artikel ini

GORONTALO (RAGORO) – Intensitas curah hujan yang cukup deras terjadi di wilayah Bone Pesisir maupun wilayah pesisir selatan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengakibatkan salah satu kecamatan di wilayah tersebut tenggelam

Sejumlah fasilitas pemerintahan, seperti Kantor Camat Bone dan rumah-rumah warga di kecamatan itu, terendam banjir. terparah di di desa Taludaa dan desa Masiaga.

”hujan dari tadi malam turun cukup  deras sekitar pukul 3 dini hari,” terang Camat Bone, Kristianto Ruchban viaseluler, Senin (22/8/2022).  Kristianto Ruchban menegaskan mereka segera melakukan evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman, karena ketinggian air maupun banjir sudah mencapai 1,2 meter.

Di dusun Kali Bone desa Masiaga,kendaraan tidak bisa melewati akses jalan di desa tersebut. ”jadi warga disana kita evakuasi, karena akses jalannya sudah tidak bisa lagi dilalui kendaraan,” ujar Camat.

Sedangkan untuk desa Ilohuuwa, belum bisa dijangkau. Selain tidak ada jaringran heandpone. Informasi terakhir  jembatan darurat yang dibuat masyarakat dari batang kelapa  menghubungkan dusun III dan desa Ilohuuwa,terputus. Karena jembatan hanyut terbawa banjir,” terang Kristianto.

Hingga saat ini, belum diketahui berapa jumlah rumah warga dan kepala keluarga yang terdampak banjir tersebut. ”untuk data yang terdampak banjir belum diketahui. Sementara masih dilakukan pendataan oleh aparat desa maupun kecamatan, sambil mengevakuasi warga yang terdampak,” terang Kristianto.

Mantan Sekretaris Bappeda-Litbang Bone Bolango ini menambahkan, sampai saat ini kondisi cuaca di wilayah Kecamatan Bone, masih diguyur hujan deras. “bahkan aliran listrik sudah padam dan kemungkinan jaringan telpon juga akan mati,” ujar Camat Bone, Kristianto Ruchban.

Sementara itu, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango saat ini sudah menerjunkan 6 orang petugas untuk regu 1 dengan 1 unit perahu fiber menuju lokasi. Regu 2 berjumlah 8 orang petugas mempersiapkan makanan siap saji, untuk membantu warga  terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bone tersebut. (LaAwal-46)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *