Pemkab Pohuwato

Kantor Bupati dan Dokumen Terbakar, Inspektur Pembantu  (Irban II) Tetap Evaluasi Pemda Pohuwato

240
×

Kantor Bupati dan Dokumen Terbakar, Inspektur Pembantu  (Irban II) Tetap Evaluasi Pemda Pohuwato

Sebarkan artikel ini
Bupati Pohuwato dan jajaran saat menerima tim Urban II di ruangan kosong (sementara)
  • Editor    : Sahril Rasid
  • Kontributor : Iwan Karim

GORONTALO (UG)—Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menerima kunjungan Inspektur Pembantu (Irban) II, Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo, Selasa, (17/10/2023) kemarin.

Irban II yang mewilayahi Kabupaten Pohuwato itu nantinya akan melakukan pemeriksaan di OPD dalam rangka pemeriksaan regular kabupaten/kota.

Bupati Saipul Mbuinga yang didampingi Inspektur Daerah Pohuwato, Muslimin Nento menjelaskan bahwa pemeriksaan yang akan dilakukan hingga Jum’at nanti diharapkannya berjalan baik mengigat

Sejumlah dokumen penting di sekretariat daerah (Setda) terbakar setelah insiden dibakarnya kantor bupati beberapa waktu lalu. 

Namun ia berharap OPD-OPD bisa memberikan atau menyajikan apa yang menjadi evaluasi dari Irban itu.

“ OPD OPD telah diintruksikan untuk memenuhi data yang diminta berupa data keuangan daerah, dan  inovasi daerah dan atau lima aspek yang diperiksa,’ tegas Saipul.

Sebelumnya Irban II, Ismawaty Gobel menjelaskan, pihak Inspektorat Provinsi telah dibagi tugas ke semua kabupaten/kota  ini sesuai dengan permendagri.

 “Nah, kebetulan kami dari Irban II untuk wilayah Kabupaten Pohuwato , maka sebelum turun ke OPD menemui bupati untuk memberi tahu perihal kedatangan di daerah”,jelasnya.

Menurut Ismawaty, ada lima aspek yang akan diperiksa, seperti aspek keuangan daerah, aspek pembangunan daerah, aspek pelayanan publik di daerah, aspek kerja sama daerah, aspek kebijakan daerah.

“Tetapi memang karena kondisi Pohuwato dengan kejadian kemarin, namun demikian kami berharap ada back up  data sekalipun sejumlah dokumen turut terbakar,” kata Ismawaty.

Ditambahkan Ismawaty, tindaklanjut dari pemeriksaan ini antaranya kita bisa melihat seberapa besar pemerintah daerah membangun daerah itu. Kami juga melihat apa saja yang kurang dan yang kurang itu akan diberi tahu ke daerah itu untuk perbaikannya, dan semoga saja Pohuwato hasilnya baik *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *