AdvetorialPemkab Pohuwato

Pabrik Kelapa Sawit Beroperasi di Popayato

1119
×

Pabrik Kelapa Sawit Beroperasi di Popayato

Sebarkan artikel ini
Pabrik milik PT. Loka Indah Lestari itu resmi beroperasi setelah dilakukan peresmian oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Sabtu, (26/8/2023) kemarin (photo iwan karim)
  • Editor  : Sahril Rasid
  • Kontributor : Iwan Karim

GORONTALO (RG.COM)—Beroperasinya pabrik kelapa Sawit di desa Molosipat Utara, Kecamatan Popayato  Kabupaten Pohuwato,  makin menunjukan investasi dan pengembangan kelapa Sawit di wilayah Provinsi Gorontalo terus berkembang.

Sejauh ini tiga daerah yang mengembangkan perkebunan Sawit adalah Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato.

3 Daerah yang memiliki kawasan perkebunan Sawit tersebut memiliki lahan yang cukup luas dan potensial mengembangkan Sawit.

Dengan beroperasinya Pabrik Kelapa Sawit ini menjadikan pasar sawit diharapkan jauh lebih baik, karena langsung di kelola di daerah.

Mengigat selama ini hasil kelapa sawit dikirim ke luar daerah dalam bentuk bahan mentah tidak di olah di Gorontalo.

Pabrik milik PT. Loka Indah Lestari itu resmi beroperasi setelah dilakukan peresmian oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Sabtu, (26/8/2023) kemarin.

Bupati Saipul didampingi Ceo PT. Kencana Gorup, Albert Maknawi bersama Eka Mulyawan serta karyawan PT. Loka Indah Kencana.

Hadir pula Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohamad, Kadis Perindagkop dan UKM, Ibrahim Kiraman, Kadis DLH, Sumitro Monoarfa, Camat Popayato Barat, Marjan K. Bula, dan Kabag Prokopim, Usman H. Bay.   

Bupati Saipul Mbuinga dalam kesempatan tersebut mengatakan, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Pohuwato menyambut baik kehadiran pabrik pengelohan kelapa sawit berkapasitas 30 ton per jam.

“ Dengan adanya pabrik,saya berharap dapat menjadikan perkebunan sawit di Gorontalo, khususnya di Pohuwato makin besar, dan harga sawit petani akan jauh lebih baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, kata Saipul Mbuinga.

Lanjut Bupati Saipui, peresmian kawasan pabrik yang luas dan besar ini adalah bukti nyata dari hasil upaya kita bersama, baik pemerintah Provinsi Gorontalo dan pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk mendatangkan serta memberi kemudahan kegiatan investasi di daerah.

Sebagaimana harapan dan arahan Presiden Joko Widodo kepada para kepala daerah dan forkopimda seluruh Indonesia agar dapat mendukukung iklim investasi yang sehat dan kondusif di daerah.

Disisi lain orang nomor satu di Pohuwato itu berharap keberadaan pabrik dapat membuka akses lapangan kerja yang luas bagi masyarakat sekitarnya serta dapat meningkatkan dan membina keterampilan kerja bagi para pencari kerja asal Kabupaten Pohuwato

“Atas nama pemerintah Kabupaten Pohuwato menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh unsur management PT. Loka Indah Lestari atas beroperasinya pabrik pengolahan kelapa sawi,.” Kata Saipul

Tak lupa ia berterimah kasih kepada seluruh masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan yang telah memberikan dukungan yang baik bagi kelencaran pembangunan sampai pada tahapan produksi pabrik pengelohan kelapa sawit ini”,pungkas Bupati Saipul Mbuinga.#####

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *