Opening

Bupati Pohuwato dan Gorut Bertemu, Bahas Kelanjutan Akses Jalan Taluditi-Tolinggula

282
×

Bupati Pohuwato dan Gorut Bertemu, Bahas Kelanjutan Akses Jalan Taluditi-Tolinggula

Sebarkan artikel ini
bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu dan Bupati Pohuwato bertemu bahas kerjasama antar prvinsi

GORONTALO (RG)–Ruas jalan Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dan Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara menjadi akses terhubungnya Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara. Kini harapan agar kedua daerah bertentangga itu bisa saling akses lewat darat  terbuka kembali. Pasalnya, kurang lebih 60 kilometer lagi, maka Pohuwato dan Gorontalo Utara bisa diakses lewat jalan darat.

Inilah yang meniadi pembahasan serius, ketika Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu berkunjung ke Kabupaten Pohuwato Kamis (24/11/2022) kemarin. Yang diterimah langsung oleh Bupati Kabupaten Pohuwato Saipul Mbuinga, yang turut dihadiri Kepala Balai Jalan Provinsi Gorontalo, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo, unsur Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang diwakili Kabid Lalu Lintas Perhubungan Udara dan Laut, unsur Dinas Kehutanan Provinsi serta OPD terkait dua daerah.

” Jalan penghubung antara dua daerah, Pohuwato dan Gorontalo Utara, jelas mengandung nilai strategis. Untuk itu penting sekali kelanjutan pembangunan jalan ruas Tolinggula-Taluditi-Marisa IV. Ini akan berdampak pada mobilitas ekonomi kedua daerah,’ ujar
Saipul Mbuinga.

Saipul sendiri berharap, dengan adanya pertemuan ini lahir kesepahaman bersama serta strategi percepatan kedepan. ” Karena jalan ini merupakan kewenangan Balai Jalan. Maka hari ini pun kami mengundang Balai Jalan, juga kadis kehutanan dan lingkungan hidup serta PUPR provinsi gorontalo untuk menginformasikan perkembangan jalan strategis tersebut”,jelas Saipul.

Lanjut Bupati Saipul, selain akses jalan bagian utara kedua daerah ini. juga perlu dipertajam kembali fokus kerja sama antara kabupaten Gorut dan kabupaten Pohuwato terkait nota kesepahaman atau MoU pada sektor perdagangan ternak sapi antar provinsi, antar pulau melalui tol laut

” Insyaallah kerja sama ini akan terus dipermantap, dengan memanfaatkan pelabuhan anggrek di kwandang dan pelabuhan bumbulan di kecamatan paguat,” kata Saipul Mbuinga.

Senada dengan bupati Pohuwato. Bupati Gorut Thariq Modanggu merespon dengan hangat penjelasan bupati Pohuwato. Thariq berharap agar akses jalan yang tinggal 60 kilometer ini akan setera terealisasi.

Disisi lain kedua daerah ini sangat diuntungkan pula dengan adanya IKN, dimana kerja sama di sektor perdagangan sapi kiranya terus dikembangkan. Di gorut terdapat dua pelabuhan sementara di pohuwato ada satu pelabuhan dan juga bandara yang diprediksi akan selesai di akhir 2023.

Kedua daerah ini akan diuntungkan pula dengan akan terbukanya akses jalan tersebut yang diakui jalur darat semakin dekat antara kedua daerah ini.

“Untuk kerja sama dua daerah kami sangat setuju sekali, olehnya atas nama seluruh masyarakat gorut kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bupati dan seluruh jajaran yang telah memfasilitasi pertemuan ini dan insyallah berharap bisa ada pertemuan lanjutan di kabupaten gorut”,harap Bupati Thariq Modanggu. (rg-i-one/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *