oleh

Pani Gold Segera Bangun Jalan Desa Teratai

GOROMTALPO (RAGORO)–Rencana pembangunan jalanaBy Pas Desa Teratai Kecamatan Marisa segera dilaksanakan. Bahkan pihak investor pertambangan Pani Gold yang membiayai jalan tersebut sudah mulai melaksanakan sosialisasi ke masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (22/09/2022) kemarin itu dihadiri oleh bupati Pohuwato Saipul Mbuinga. Forkopimda Pohuwato, Wakil Presiden Direktur PT Merdeka Copper Gold,Tbk, Simon James Milroy, Direktur Utama PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), dan PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), Boyke Poerbaya Abidin,

Bupati Saipul mengatakan, dengan dimulainya pekerjaan jalan By-Pas melalui kegiatan Pani Gold Projeck oleh PT.GSM telah memberikan harapan baru agar proyek pertambangan ini segera beroperasi. Proyek jalan Ini menunjukkan dan membuktikan kepada kita semua bahwa target operasional pertambangan emas di pohuwato akan segera terwujud.

“Proyek pertambangan emas ini sebagai mana harapan kita bersama agar dapat memberikan manfaat bagi semua pihak terutama meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat demi mewujudkan kabupaten pohuwato yang maju dan sejahtera dimasa depan,’ kata Saipuil

Berdasarkan kajian dan analisa hasil pengeboran eksplorasi cadangan emas di kawasan blok pani dapat dikelola dalam skala rentang waktu panjang dan merupakan salah satu tambang terbesar di Indonesia.“Yang paling terpenting adalah adanya rekrutmen tenaga kerja lokal sehingga semakin tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja produktif yang ada di kabupaten pohuwato. juga dengan terbukanya lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal maka tentunya akan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, peningkatan kualitas SDM serta jaminan pendapatan yang layak bagi masyarakat”,ungkap bupati.

Selanjutnya Bupati Saipul juga menyampaikan kepada pihak investor untuk tetap berkomitmen penuh memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan ekosistem dalam kegiatan operasional agar kegiatan pertambangan ini dapat mengurangi dampak negatif terhadap ancaman kerusakan lingkungan di kabupaten pohuwato.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Merdeka Copper Gold,Tbk, Simon James Milroy menjelaskan bahwa hari ini akan dimulainya pekerjaan proyek pani di pohuwato. Pani adalah sebuah proyek khusus emas yang terbesar di asia. Proyek ini dirancang dan akan dilaksanakan menggunakan standar internasional dengan kepedulian penuh terhadap penanganan lingkungan hidup. “Proyek ini sampai pada produksi emas pertama dan menginvestasikan dana lebih kurang Rp. 10 Triliyun”,ungkap Simon .

Lanjut Simon melalui penerjemaah, Proyek ini bukan sembarang proyek, proyek sangat besar dan akan berpengaruh kepada perputaran perekonomian dan kesempatan-kesempatan bagi pemerintah daerah dan masyarakat di daerah. Proyek ini juga akan sangat berpengaruh menginjek pengeluaran pendapatan baik di gorontalo secara keseluruhan khususnya di kabupaten pohuwato

Simon pun menambahkan bahwa proyek ini akan mengutamakan kontraktor lokal, sumber daya lokal, terutama penerimaan karyawan yang akan besumber dari pemberdayaan daerah. “Untuk sampai pada tahap produksi awalnya kita akan merekrut 2 ribu karyawan dan kemudian dilanjutkan sampai proses produksi mencapai 3 ribu karyawan.

Proyek pani juga akan sangat memperhatikan dan bekerjasama dengan pemda dalam hal pemberdayaan masyarakat. Jujur saya katakan dari semua proyek, nurani saya mengatakan ini adalah proyek yang sangat-sangat menjanjikan. Diharapkan pula semua pihak bergandengan tangan mewujudkan proyek impian kita.

Disisi lain, Direktur Utama PT GSM, dan PT PETS, Boyke Poerbaya Abidin menambahkan, proyek ini butuh kerjasama kita semua, kita akan mewujudkan proyek pertambangan yang bermartabat dan yang baik dan benar.

Tambang ini proyeksinya antara 20 sampai 30 tahun, kita gaungkan bahwa proyek ini proyek kita bersama. “Dan kami dari PT GSM dan PETS akan menjadi keluarga besar masyarakat pohuwato, kami disini bukan hanya sebagai investor tapi kami akan menjadi keluarga besar dari masyarakat pohuwato.

Kita akan sangat mengedepankan keberlangsungan lingkungan hidup, kita coba buktikan bahwa pertambangan yang baik dan benar dan bermartabat itu dapat hidup berdampingan dengan baik dengan masyarakat sekitar tambang, itu yang akan kita coba buktikan”,pungkas Boyke Abidin. Kegiatan diawali dengan penyerahan santunan kepada anak yatim oleh bupati pohuwato bersama fokopimda dan pimpinan perusahaan. (rg-i-one)

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *