oleh

HUT RI ke 77. Pemerintah Bagi 10 Juta Bendera

GORONTALO (RAGORO) -Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh lndonesia menyelenggarakan “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih”.

Kegiatan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik lndonesia ini akan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta.

Di Provinsi Gorontalo sendiri, pencanangan dilaksanakan Selasa (2/8/2022) di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, oleh Penjagub Hamka Hendra Noer. Dikatakan bahwa gerakan ini didasarkan pada kesadaran masyarakat untuk memasang bendera merah putih yang mulai berkurang.

Penyebabnya, pemahaman dan kesadaran semakin luntur dalam mengenal sejarah Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan. “karena itu, harus ada upaya saling menyadarkan atau mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi bahwa pengibaran bendera khususnya saat HUT RI itu sudah menjadi keharusan dan bahkan kebutuhan sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

Hamka juga mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mengikuti gerakan ini dengan memasang bendera merah putih di halaman rumah dan tidak hanya secara simbolik namun juga perlu adanya internalisasi. Ia pun berharap agar seluruh unsur forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN, perbankan, partai politik, dan organisasi masyarakat dapat berpartisipasi secara swadaya membagikan bendera merah putih sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022.

“sejak 23 Januari tahun 1942 Pak Nani Wartabone dengan sifat heroiknya menyatakan bahwa kita (Gorontalo) sudah merdeka, jadi kita lebih awal kemerdekaannya, melalui gerakan pembagian 10 juta bendera ini, kami pemerintah berharap masyarakat bisa mengikuti beliau dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme,” pungkasnya.

Pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini turut dihadiri Sekdaprov Darda Daraba, Danrem 133/NWB, Kapolda Gorontalo, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, unsur Forkopimda, perwakilan siswa dari SMA Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango, perwakilan organisasi pemuda dan kemasyarakatan, serta perwakilan masyarakat setempat. Penjagub bersama forkopimda juga melakukan pemasangan bendera secara simbolis dihalaman rumah warga. (rg-25)

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *