Dekab Kabgor

2022 Semua Aleg Harus Berperan, Maksimalkan Kinerja Tindaki Anggota Kumabal

127
×

2022 Semua Aleg Harus Berperan, Maksimalkan Kinerja Tindaki Anggota Kumabal

Sebarkan artikel ini

KABGOR – Upaya memperbaiki kinerja anggota legislative lebih baik lagi di tahun 2022 ini terus dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, bahkan di tahun 2022 ini semua anggota legislative diharapkan untuk berperan. Hal ini sesuai hasil rapat Badan Kehormatan (BK) kemarin.

Ketua BK Sarifudin Hanasi mengatakan, menindaklanjuti surat pimpinan maka BK melakukan raat bersama anggota BK dan tentunya akan mendukung apa yang menjadi harapan pimpinan agar kinerja seluruh anggota berjalan maksimal. “Itu sudah mulai kita lakukan diawal tahun 2022, dimana DPRD mengundang seluruh OPD sesuai dengan mitra kerja komisi dan mencoba memaksimalkan seluruh aleg untuk berperan didalamnya,” jelas Sarifudin. Dikatakan aleg dua periode ini, BK juga akan menindaki anggota yang dinilai tak maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga akan diberikan respon dengan pemberian sanksi bagi mereka agar ini berjalan dengan aturan yang ada. ”Misalnya dari tingkat kehadiran akan diingatkan dan akan dievaluasi seluruh kehadiran anggota dan akan disampaikan ke pimpinan untuk segera ditindaklanjuti dan entah itu akan disampaikan ke pimpinan fraksinya atau pimpinan partai terkait kinerja dari angogota ketika kinerjanya tak maksimal,” tegas Sarifudin.

Politisi PKS ini lanjut mengatakan, evaluasi ini akan dilakukan berkala dengan harapan BK berharap tidak ada laporan yang masuk dari LSm atau aspirasi masyarakat terkait kinerja aleg. “Tetapi bagaimana kita upayakan peran maksimal dari Aleg dan bagi aleg yang tak hadir pun harus ada alasan yang jelas dan logis, misalnya sakit harus disertai surat dokter atau sementara melaksanakan tugas partai otomatis tidak bisa diberikan sanksi, tetapi kalau istilahnya tak hadir hanya karena ada acara keluarga sementara di DPRD ada tanggungjawabnya otomatis akan diberikan sanksi,” tegas Sarifudin.

Ia juga berharap, kedepan peran DPRD akan lebih maksimal menjalankan tiga fungsinya sebagai fungsi legislasi, pengawasan dan budgeting. “Semoga kedepannya keinginan kita untuk kembali memaksimalkan kinerja bisa lebih baik lagi dan tentunya tiga tupoksi DPRD bisa berjalan leebih maksimal lagi,” tandasnya. (RG.53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda