Pohuwato

2 Pimpinan Perguruan Tinggi Diundang di Pohuwato Bahas Potensi Ekonomi Teluk Tomini

157
×

2 Pimpinan Perguruan Tinggi Diundang di Pohuwato Bahas Potensi Ekonomi Teluk Tomini

Sebarkan artikel ini
Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga mendatangkan dua pimpinan perguruan tinggi, Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok. dan Guru Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Prof. Dr. H. Laode Husen, SH.,MH. (foto iwan karim)
  • Editor : Sahril Rasid
  • Kontributor : Iwan Karim

GORONTALO (RG.COM)  Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga mendatangkan dua pimpinan perguruan tinggi, Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok. dan Guru Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Prof. Dr. H. Laode Husen, SH.,MH.

Khusus berdiskusi pemanfaatan peluang pasar dan pengembangan ekonomi di teluk Tomini.Mengigat Kabupaten Pohuwato, terletak dijalur terdepan dan strategis di teluk Tomini.

Pertemuan berlangsung disalah satu rumah makan di Pantai Pohon Cinta, Marisa  turut MH, Sekda Iskandar Datau, asisten, dan pimpinan OPD. 

Selain membahas peluang ekonomi, Rektor UNG bersama tim itu membahas beberapa agenda persiapan transpormasi UNG BLU menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga dengan tegas menyatakan  mendukung dan siap mengambil peran dalam pengembangan wilayah teluk tomini.

Karena dari segi letak, Pohuwato berada dijalur terdepan dan strategis teluk tomini, dan apabila program ini jalan maka Pohuwato akan menerima dampak dari program tersebut.

“ Menjadi satu keharusan bagi pemerintah Pohuwato untuk mendukung sepenuhnya program pengembangan teluk tomini, karena Pohuwato berkepentingan besar kedepannya, terutama dari sektor perikanan tangkap dan perikanan budidaya”,ungkap Bupati Saipul. 

Untuk diketahui, bahwa teluk ini mempunyai peran penting bagi dunia karena letaknya yang persis berada di jantung segitiga karang dunia (heart of the coral triangle).

Wilayah teluk tomini meliputi tiga provinsi yaitu Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan meliputi lebih dari dua belas kabupaten/kota.

Potensi luar biasa yang dimiliki teluk tomini tersebut perlu dikembangkan secara terintegrasi dengan melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di sekitarnya.

Dengan potensi alam yang luar biasa dan dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah maka kawasan teluk tomini dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru untuk wilayah Indonesia bagian timur ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *