HeadlinesPohuwato

PT SMI : Pemda Pohuwato Tercepat Realisasi Pemanfataan Dana PEN di Gorontalo

468
×

PT SMI : Pemda Pohuwato Tercepat Realisasi Pemanfataan Dana PEN di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Tim PT SMI ini d diterimah langsung wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa didampingi Sekda Iskandar Datau, Kepala Bapppeda, Irfan Saleh, Kadis PUPR, Risdiyanto Mokodompit dan Kepala DLH, Sumitro Monoarfa di rumah jabatan wakil bupati (photo iwan karim)
  • Editor               : Sahril Rasid
  • Kontributor     : Iwan Karim

GORONTALO (RG.COM)—PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) perusahaan pemberi pinjaman dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melakukan evaluasi pemanfaatan dana PEN  di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Ada tiga hal yang dievaluasi, yakni 1. Realisasi pemanfaatan dana PEN 140 miliar, 2 Survei permohonan CSR (Corporate Social Responsibility) terkait penanganan sampah 3. Permohonan Pemda Pohuwato terkait penundaan cicilan kredit dana PEN untuk tahun 2024.

Tim SMI sendiri dipimpin langsung oleh Relationship Manager, PT. SMI, Elia Benny yang Selasa ((14/11/2023) kemarin.

Diakui oleh Elia Benny sesuai dengan data laporan,  Pohuwato salah satu daerah yang tercepat pembangunan yang dibiayai dana PEN di Provinsi Gorontalo.

 “Untuk pinjaman PEN yang diterima di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Pohuwato salah satu atau mungkin paling cepat penyelesaian pekerjaan,” aku Elia.

Tim PT SMI ini d diterimah langsung wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa didampingi Sekda Iskandar Datau, Kepala Bapppeda, Irfan Saleh, Kadis PUPR, Risdiyanto Mokodompit dan Kepala DLH, Sumitro Monoarfa di rumah jabatan wakil bupati

Relationship Manager, PT. SMI untuk pembiayaan daerah, Elia Benny menjelaskan. Tujuan ke Pohuwato tidak lain untuk melakukan monitoring pekerjaan yang di danai, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pohuwato sebagai debitur, melakukan pinjaman PEN ke PT. SMI,pinjaman  dana PEM dengan bunga rendah dengan stimulan di daerah, dengan harapan daerah-daerah ini bisa memajukan ekonomi dengan lebih baik”,jelasnya.

Menurutnya sesuai laporan  sejumlah proyek yang dibiayai dengan dana PEN ditahun 2022sudah selesai.

Dan sekarang PT SMI turun lapangan guna melakukan menitoring setiap tahunnya.

“Tidak hanya melihat realisasi pembiayaan, tapi melihat bagaimana operasionalnya, bagaimana kondisi jalan yang nanti dipergunakan masyarakat sehari-harinya”, kata Elia Benny.

Selain itu, tim PT SMI juga melakukan survei ke sektor persampahan. Ini terkait dengan Permohonan  Pemkab Pohuwato terkait bantuan CSR.

Dari sekian permohonan itulah pada kesempatan ini PT SMI melakukan survei terlebih dahulu.

“ Dengan hasil survey ini, kita akan lihat bantuan CSR yang cocok bisa diberikan ke Pemkab Pohuwato, apakah terkait dengan armada atau penambahan kapasitas UKM-UKM terkait persampahan di Pohuwato”,kata Elia.

Sementara itu Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim MSI. Diakuinya ini memang sudah menjadi tugas bagi PT SMI guna melakukan evaluasi terkait pemanfaatan dana PEN di Pohuwato.

 “ Init termasuk penangan  sampayh yang bisa didanai melalui dana CSR dari dan PEN itu sendiri. yang diharapkan Pemda penangan sampah khususnya armada bisa terpenuhi” harap Wabup Suharsi Igirisa

Demikian halnya permohonan ke PT. SMI yaitu review pengembalian cicilan modal dan bunga ke PT SMI 2024 nanti

 Dan permohonan inis sudah ditindallanjuti Pemda Pohuwato ke PT.SMI, dan Kementerian Keuangan di Jakarta,”  Insyaallah apa yang kita perjuangkan bisa terealisasi”,ujar Wabup Suharsi Igirisa.####

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *