Pemkot

Dipenuhi Sampah, 100 Relawan Bersihkan Pantai Pohe

269
×

Dipenuhi Sampah, 100 Relawan Bersihkan Pantai Pohe

Sebarkan artikel ini
Pantai Pohe Kelurahan Hulondalangi kotor dipenuhi sampah dibersihkan walikota Gorontalo minggu 13/8/2023
  • Editor : Sahril Rasid
  • Reporter : Levi

KOTA GORONTALO (RG.COM)—Hampir rata rata pantai di Gorontalo kotor, dipenuh sampah rumah tangga, berbahan plastic, botol dan tas kresek dan lainnya.

Seperti di Pantai Pohe Kerlurahan Hulonthalagi Kota Gorontalo. Pantai yang menjadi kawasan rekreasi warga Kota Gorontalo diakhir pekan ini dibeberapa tempat sangat kotor.

Sehingga itu walikota Kota Gorontalo Marten Taha bersama dengan kurang lebih 1000 relawan minggu 13/08/2023 kemarin membersihkan sampah sampah yang bertebaran di pesisir pantai Pohe tersebut.

Diakui Walikota Marten Taha Dinas lingkungan hidup DLH Kota Gorontalo kewalahan membersihkan sampah jika sampai ke pinggiran pantai.

Walikota sendiri berharap, peran masyarakat sekitar pantai dan pengunjung pantai untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampai di pantai.

Pantai di wilayan Kota Gorontalo sangat indah, selain tidak jauh jarak dengan masyarakat, sehingga menjadi tempat wisata disaat libur akhir pekan.

“ Butuh kesadaran semua pihak. Khususnya masyarakat sekitar pantai. Kenapa ? Jika pantainya bersih, indah maka akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat itu sendiri dengan banyak wisatawan local maupun wisman asing,’ kata Walikota.

Diakuinya banyak hal yang bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat pesisir jika kreatif.

Mulai dari dagangan makanan, souvenir, perahu wisata, sewa tenda, tikar ini sangat berdampak ekonomi bagi masyarakat.

“ Tapi itu tadi, harus menjaga kebersihan, menjaga akses ke pantai, dan terpenting rasa aman dan nyaman bagi wisman,’ ujar Walikota.

Disisi lain, ia juga berharap, peran serta LSM dan pegiat lingkungan, untuk turut membantu pemerintah Kota Gorontalo.

Dengan melakukan aksi dilapangan bersama pemerintah, turut menghimau dan mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan dan memanfaatkan sampah bernilai ekonomi/

“ Contoh sampah plastic bisa bernilai ekonomi, tapi terpenting adalah menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah apapun ke pantai,’ kata walikota Martan Taha.

Ia juga berharap, ada kegiatan mandiri dari aktivis lingkungan untuk mengagas kegiatan bersih lingkungan seperti pantai, sungai, dan jalan.

“ Pemerintah Kota Gorontalo melalui dinas lingkungan , siap memback up armada dan petugas untuk bersama sama melakukan kegiatan seperti hari ini,” kata walikota lagi.

 Kegiatan bersih pantai minggu kemarin melibatkan 1000 orang relawan yang terdiri dari Aparatur Sip Negara (ASN) lingkungan pemerintah Kota Gorontalo, TNI- Polri, dan sejumlah organisasi pecinta lingkungan hidup dan kepemudaan lainnya *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *