Universitas Gorontalo

LP3M-UG Latih Dosen untuk Pembimbingan KKP

447
×

LP3M-UG Latih Dosen untuk Pembimbingan KKP

Sebarkan artikel ini

KAMPUS (RG.COM) – Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Gorontalo (LP3M-UG) menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi para dosen di lingkungan UG yang bersiap menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Pengabdian (KKP), Senin (27/05) kemarin di Smart Classroom lantai 2 gedung rektorat.

ToT diikuti Dosen Tetap Yayasan maupun Dosen Dipekerjakan (DPK) di Lingkungan Universitas Gorontalo yang berlum pernah mengikuti TOT DPL KKP.

“ToT dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring). Sekitar 17 Dosen yg mengikuti secara daring dan luring 38 Dosen,” ungkap Kepala LP3M-UG Dr. Dikson Junus, M.PA.

ToT itu menghadirkan 3 pemateri, masing-masing Drs. Yakop Mohamad, M.Si sebagai Praktisi Community Development, Wakil Rektor 1 UG Prof. Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, S.E., M.M dan Sekretaris LP3M Dian Puspaningrum, S.Hut., M.Hut.

Drs. Yakop Mohamad, M.Si menyampaikan materi tentang teknik fasilitasi pendampingan mahasiswa dan manajemen program pengabdian kepada Masyarakat.

Sementara Prof. Dr. Hj. Meimoon Ibrahim, S.E.,M.M menyampaikan materi tentang identifikasi model-model program Kuliah Kerja Pengabdian terintegriasi dengan MBKM dan Pencapaian IKU PT.

Dan Dian Puspaningrum, S.Hut., M.Hut menyampaikan materi tentang teknik penilaian, monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan Kuliah Kerja Pengabdian.

Dr. Dikson menjelaskan ToT DPL KKP ini bertujuan memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan Dosen dalam pembimbingan kegiatan KKP sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Dengan ToT ini, dosen calon DPL akan memahami langkah-langkah dalam proses pelaksanaan pembimbingan KKP serta tata Kelola administrasi dalam membimbing mahasiswa melaksanakan kegiatan KKP,” jelasnya.

Lebih lanjut diharapkan setelah mengikuti kegiatan ToT ini, peserta memiliki kemampuan dan ketrampilan sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKP.

“Nantinya, mereka akan memperoleh Sertifikat Dosen Pembimbing Lapangan yang diterbitkan oleh LP3M UG sebagai syarat administrasi sebagai Dosen Pembimbing Lapangan KKP dan Kegiatan Pengabdian lainnya yang dilaksanakan oleh LP3M Universitas Gorontalo,” terang Dr. Dikson. (ind-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *