HeadlinesProvinsi

Tiba di Gorontalo, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Robertus L Jatmika Disambut Secara Adat  

381
×

Tiba di Gorontalo, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Robertus L Jatmika Disambut Secara Adat  

Sebarkan artikel ini
Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Robertus Legowo Jatmiko melakukan kunjungan kerja ke Provinisi Gorontalo Rabu (15/11/2023) pagi disambut Pj Guberjur Gorontalo Ismail Pakaya (foto humas kominfotik)
  • Editor    : Sahril Rasid
  • Penulis : Sri Fatmawar Dama

GORONTALO (RG.COM)—Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Robertus Legowo Jatmiko melakukan kunjungan kerja ke Provinisi Gorontalo.

Direncanakan Pangdam akan melakukan sejumlah kegiatan termasuk ramah tamah dengan pemerintah se Provinsi Gorontalo.

Rombongan tiba di Gorontalo Rabu (15/11/2023) pagi tadi, turut mendapingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka, Nonny Legowo.

Rombongan disambut langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo Purwanto Joko Irianto, dan Penjabat Sekdaprov Budiyanto Sidiki.

(Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Robertus Legowo Jatmiko dan rombongan disambut dengan adat upacara adat Mopotilolo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo.

Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa atau Dewan Adat dari Lima Negeri Adat Gorontalo.

Prosesi adat mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di ruangan VIP,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat yang dilanjutkan dengan suguhan minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat. Mopotilolo diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Pangdam XIII/Merdeka bersama rombongan selama berada di Gorontalo *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *