Pohuwato

Bupati Pobuwato Hadiri Gorontalo Economic Outlook 2022

122
×

Bupati Pobuwato Hadiri Gorontalo Economic Outlook 2022

Sebarkan artikel ini

GORONTALO(RG) Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Kepala BKD Fitriani Lasantu, Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam (EKSDA), Fatma Katili dan Sekretaris Baperlitbang, Sunu Hadi Suhandoko menghadiri Gorontalo Economic Outlook Tahun 2022 di Ballroom Lantai 4, KPwBI Provinsi Gorontalo, Jum’at, (16/12/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Potensi dan Tantangan Kemandirian Fiskal Gorontalo dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah” diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sehubungan dengan adanya diseminasi outlook ekonomi tahun 2022 secara nasional maupun regional. serta untuk mendorong sinergitas dan kolaborasi antar stake holders baik dari bidang moneter maupun fiskal dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif di provinsi gorontalo termasuk kabupaten pohuwato di dalamnya.

Dikatakan Bupati Saipul Mbuinga, dengan kegiatan ini juga tentu pemda didorong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena dari kesimpulan dan rekomendasi pada pertemuan ini antaranya membahas arah kebijakan fiskal gorontalo (APBD) diprioritaskan untuk human capital (Pendidikan dan kesehatan, menurunkan kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan) di seluruh wilayah gorontalo.

Kemudian kata Bupati Saipul, pemda juga di dorong untuk mengoptimalkan pemanfaatan transfer ke daerah sebagai sumber pendapatan dengan meningkatkan spending better di daerah, meningkatkan belanja investasi penguatan fondasi ekonomi dan keadilan antar generasi.

Selanjutnya pemda juga diminta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong dan mengdongkrak sumber-sumber pendapatan yang berbasis ekonomi dengan melakukan berbagai inovasi, tidak bisa dengan cara yang biasa saja.

“Dari pertemuan ini tentu apa yang dibahas dan menjadi kesimpulan dan rekomendasi akan jadi perhatian. Karena tujuan pemerintah tidak lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, memperhatikan pendidikan, kesehatan maupun dalam menurunkan angka kemiskinan serta pemerataan kesejahteraan.

Olehnya program yang telah kita jalankan bersama sangat berkaitan dengan apa yang dibahas saat ini, sehingga ukungan dari semua pihak sangat diharapkan”,ungkap Bupati Saipul.(RG-I-ONE/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *