KotagorPemkot

Bangun Keluarga, Kembangkan Potensi Para Lansia

139
×

Bangun Keluarga, Kembangkan Potensi Para Lansia

Sebarkan artikel ini
Ketua PKK Kota Jusmiaty Taha Kiayi Demak saat memberikan sambutan pada acara promosi dan sosialisasi, (Foto Dok PKP).

PEMKOT (RAGORO)– Ketua Tim Penggerak PKK Kota Gorontalo Jusmiaty Taha Kiayi Demak mengungkapkan, pembangunan keluarga dilandasi oleh kebijakan yang didasarkan pada Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dimana peran keluarga sangat penting dalam penguatan pembangunan lansia. Olehnya itu, pembangunan potensi keluarga termasuk lansia seyokyanya selalu berupaya memberikan peluang, bimbingan dan motivasi untuk membantu lansia mengembangkan potensinya. Hal ini seperti yang ditegaskan oleh Jusmiaty, saat memberikan sambutan pada acara promosi dan sosialisasi ketahanan dan kesejahteraan keluarga (BKL), yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan susu kepada lansia, bertempat di Gedung Banthayo Lo Yiladia, belum lama ini.

Lanjut, Lansia adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Apalagi kata Jusmiaty, seseroang yang mendapat anugerah panjang umur. Menurutnya, proses menjadi lanjut usia selalu ditandai dengan kemunduran fungsi-fungsi organ tubuh yang dapat menimbulkan masalah/gangguan yang akan banyak mempengaruhi kegiatan/aktivitas sehari-hari seorang manusia. Misalnya kata Jusmiaty didalam menurunkan daya tahan tubuh, keterlambatan gerak, kurang cepat bereaksi, berkurangnya tenaga serta menurunkan kemampuan panca indera. “Pembanunan keluarga dilandasi oleh kebijakan yang didasarkan undang-undang yang menyebutkan bahwa, perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, dimana peran keluarga sangatlah penting didalam penguatan pembangunan lansia, “ucapnya.

Ada tujuh dimensi lansia tangguh Jusmiaty sampaikan pada rapat tersebut, pertama dimensi spritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional dan dimensi lingkungan. Olehnya, peran lansia tangguh didalam membangun keluarga sangatlah penting. Disamping sebagai motivator bagi keluarga yang mempunyai lansia agar tetap sehat, kuat sepanjang siklus hidup, juga kata Jusmiaty menjadi Grand Peranting (Pengasuhan) bagi anak cucu kshususnya keluarga muda. “Diharapkan dengan bantuan susu ini, setidaknya dapat menambah nutrisi yang baik bagi lansia, sehingga semakin meningkatnya usia harapan hidup yang menyebabkan penduduk lanjut usia (lansia) terus meningkat, “tandas Jusmiaty.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *