Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Field Trip Pariwisata UMGO di Sambut Pemda Bulukumba

235
×

Field Trip Pariwisata UMGO di Sambut Pemda Bulukumba

Sebarkan artikel ini
RANGKAIAN kegiatan Field Trip Program Studi (Prodi) S1 Pariwisata dan Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Bulukumba.

KAMPUS (RAGORO) – Program Studi (Prodi) S1 Pariwisata Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Selasa kemarin (22/2), menggelar Field Trip di beberapa tempat, salah satunya di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Bulukumba. Rombongan Prodi Pariwisata UMGO ini disambut dan diterima dengan baik oleh pemerintah setempat, di Villa Panda Beach Pantai Bira. Ketua LPPM UMGO, Dr. Muh. Firyal Akbar, M.Si selaku pimpinan rombongan dalam pengantarnya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bulukumba yang telah menerima UMGO di Pantai Bira.

“Terima kasih telah menyambut kami dengan baik dan mau sharing tentang kebijakan pariwisata. Awalnya kami mau langsung ke kantor Dinas Pariwisata Bulukumba, namun karena Pemda lagi WFH, maka kami memahami itu,” ungkapnya. Adapun alasan UMGO memilih Bulukumba, kata Firyal, yakni untuk belajar tentang kebijakan pariwisata. Pasalnya daerah ini terkenal sebagai lokasi pariwisata yang sangat maju, salah satunya di pantai Bira. Selain rombongan Prodi Pariwisata, yakni 14 mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri mahasiswa Prodi Administrasi Publik dengan jumlah 24 mahasiswa. “Baik prodi Pariwisata maupun Administrasi Publik, keduanya memiliki mata kuliah yang sama diajarkan di dalam kelas, ada praktek lapangan, seperti halnya kegiatan field trip ini,” terang Firyal. Sementara itu, dari pihak Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Bulukumba, Muh. Akil, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan UMGO ke Kabupaten Bulukumba.

“Selamat datang Butta Panrita Lopi Bulukumba, khususnya di Pantai Bira,” ucapnya. Di Bulukumba, katanya, banyak sekali tempat pariwisata, baik itu wisata bahari, wisata alam, wisata religi dan budaya. Wisata Bahari yang terkenal adalah Bira, Wisata Alam yang terkenal adalah Gunung Kahayya Kindang dan Wisata Budaya dan Religi adalah Wisata ke Tana Toa Kajang. “Strategi kami dalam pengembangan Wisata di Bira ialah menjadikan Bira menjadi kawasan provinsi. Kami juga akan perjuangkan menjadi kawasan ekonomi khusus. Sebagai daerah wisata dengan pendapatan asli daerah terbanyak kedua setelah sektor pertanian, maka kami menyusun regulasi RTRW yang dimana didalamnya tentang membagi kawasan wisata di Bulukumba,” paparnya. Ditempat terpisah, Kaprodi Pariwisata, Anggraeni Lagalo, M.Sc saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa setelah kunjungan ke Dinas Pariwisata Bulukumba di Bira, rombongan akan melanjutkan kunjungan ke Balai Kota Makassar dan Dinas Pariwisata Kota Makassar. Baru setelahnya Politeknik Pariwisata Makassar, untuk belajar tentang pelaksanaan kurikulum dan MBKM.

“Prodi pariwisata punya ciri refresing sambil belajar, dimana lebih banyak belajar di lapangan di tempat-tempat pariwisata, termasuk field trip kali ini mengunjungi tempat-tempat pariwisata di Bulukumba dan kota Makassar,” pungkasnya. Sesuai pantauan awak media, para rombongan UMGO ini terdiri dari, Ketua LPPM, Dr. Muh. Firyal Akbar, M.Si, Plt. Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Ismet Hadi, SH, MH, Kaprodi Pariwisata, Anggraeni M. S. Lagalo, S.Pd, M.Sc, Dosen Pariwisata, Sri Sunarti, S.Par, M.Par dan Kaprodi Administrasi Publik, Widya Kurniati Mohi, S.IP, M.Si. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda