KotagorPemkot

Akselerasi Penyerapan Anggaran 2022, Pemkot Gorontalo Evaluasi Kembali Penerapan Aplikasi E-Monep

156
×

Akselerasi Penyerapan Anggaran 2022, Pemkot Gorontalo Evaluasi Kembali Penerapan Aplikasi E-Monep

Sebarkan artikel ini
Walikota Marten A. Taha saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimtek Evaluasi Aplikasi E-monep, Jumat (25/2, Foto PKP).

MANADO (RAGORO)- Penyelenggaraan pemerintah yang baik (Good Governance) menjadi komitmen bersama pemerintah daerah untuk mewujudkan pelayanan publik dengan berdasarkan azas-azas umum pemerintahan yang baik. Azas-azas yang dimaksud adalah kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, kepentingan umum, keterbukaan proporsionalitas, akuntabilitas, efesiensi, efektifitas, dan keadilan. Hal ini seperti yang ditegaskan oleh Walikota Gorontalo Marten A. Taha, saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan teknis elektronik monitoring evaluasi pengendalian dan pelaporan pembangunan (e-monep) new generation dilingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, bertempat Ball Room Swiss Ball Hotel Manado, Jumat (25/2/22) kemarin “APBD Kota Gorontalo Tahun 2022 sebesar 1,2 triliun. Hal ini sangat membutuhkan komitmen kita bersama untuk melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan percepatan pelaksana pembangunan didaerah sehingga perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat dengan memperkuat sistem perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, peningkatan infrastruktur perkotaan dasar publik.

Berdasarkan hal tersebut, percepatan penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan fisik, pelaksanaannya tak lepas dari beberapa permasalahan yang menjadi kendala anatara lain proses pelelangan yang lambat, penyiapan dan kesediaan lahan, kurang solidnya antara PA, KPA, PPTK dan PPK, SIPD yang belum berjalan lancar. Dikarenakan, lambatnya pengimputan data E-Monep, dan kurangnya SDM pengelola pengadaan barang dan jasa pada SKPD, dan belum optimalnya pengendalian internal terhadap anggaran dan pelaksana program dan kegiatan, “ucapnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, kata Marten, penerapan aplikasi E-monep berbasis webside sangat penting untuk mendukungn percepatan penyerapan anggaran dimana pengendaliannya dilakukan oleh tim evaluasi dan realisasi anggaran, sehingga diharapkan dapat membantu semua penanggung jawab pelaksanaab program dan kegiatan OPD untuk melakukan pengendalian dan mempercepat proses penyerapan anggaran.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *