KotagorPemkot

DPRD Mampu Mengenal Etika Politik, Walikota : Setiap Anggota Proprosional, Tidak Melupakan Sebagai Wakil Rakyat

123
×

DPRD Mampu Mengenal Etika Politik, Walikota : Setiap Anggota Proprosional, Tidak Melupakan Sebagai Wakil Rakyat

Sebarkan artikel ini
Walikota Marten A. Taha saat memberikan sambutan pada kegiatan peningkatan kapasitas DPRD Kota Gorontalo, Senin (7/2, Foto PKP).

MANADO (RAGORO)– Berhasil dan tidaknya peningkatan kapasitas, peran dan fungsi DPRD dapat diukur dari seberapa peran aktif DPRD dalam pembangun pelayanan ketika mendengar aspirasi rakyat, ikut serta menyumbangkan saran agar kedepan lebih baik dalam pencapaian tugasnya. Selain itu, akan terlihat juga sejauh mana DPRD telah melakukan pengawasan secara menyeluruh dan selektif. Menyikapi hal tersebut Walikota Gorontalo Marten A. Taha berharap, DPRD mampu meningkatkan pemahaman dengan mengenal etika politik. “Pemahaman etika politik yang dimaksud agar pelaksanaan fungsi-fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan dapat berlangsung secara etis dan profesional.

Dengan pemahaman yang mendalam mengenai politik, setiap anggota DPRD tentu akan mampu menempatkan dirinya secara profesional, baik dalam berbicara, maupun bersikap dalam bertindak serta tidak melupakan posisinya sebagai wakil rakyat, “ujar Marten saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas DPRD dalam rangka pendalaman tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gorontalo Periode 2019-2024, Senin (7/02/22) kemarin. Lanjut, sangat diharapkan juga kata Marten, dengan mengikuti pendalaman tugas ini pimpinan dan anggota DPRD mampu meningkatkan kualitas kinerja berdasarkan program kerja yang telah direncanakan. Hal ini menurur Marten, agar rencana kerja DPRD, tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran dalam memastikan masukan dan keluaran terhadap pelaksanaan kegiatan yang akan terukur sesuai dengan tujuan dan sasarannya.

“Memastikan konsistensi antara perancanaan dan penganggaran, mempermudah pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan pembangunan daerah, serta mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggungjawab dengan tujuan agar lembaga DPRD dapat meningkatkan kinerjanya sesuai dengan rencana kerja dengan tetap konsisten dalam menjalankan peraturan perundang-undang yang berlaku, “ucapnya. Pelaksanaan pendalaman tugas ini juga kata Marten, hedaknya dimanfaatkan oleh DPRD dengan sebaik-baiknya sehingga DPRD dapat mendorong organisasi perangkat daerah untuk senantiasa memiliki kemampuan dan meningkatkan kinerja serta selalu berpedoman pada peraturan perundang-undang yang berlaku, dengan tetap mengedepankan konsistensi tata kelola keuangan yang baik dan benar dalam mewujudkan Kota Gorontalo sebagai Kota Smart, ‘Sejahtera, Maju, Aktif, dan Terdidik’.

“Mudah-mudahan Bapak/Ibu dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar dapat diaktualisasikan demi tercapainya pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat di Kota Gorontalo yang lebih baik, “tutup Marten sembari membuka kegiatan tersebut.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *