Kota GorontaloPemkot

Drainase Kawasan Pusat Perdagangan, Menggunakan Sistem U-Ditch

208
×

Drainase Kawasan Pusat Perdagangan, Menggunakan Sistem U-Ditch

Sebarkan artikel ini
Walikota Marten A. Taha, ketika memberikan sambutan pada kegiatan groundbreaking atas dimulainya pekerjaan revitalisasi kawasan pusat perdagangan, Sabtu (29/1, Foto PKP).

PEMKOT (RAGORO)- Banyak item pekerjaan dalam proyek yang didanai pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kota Gorontalo yang memiliki daya tarik masing-maisng, salah satunya adalah perbaikan saluran yang berada di pusat perdagangan. Menurut penjelasan Walikota Gorontalo Marten A. Taha, rencananya drainase yang ada diwilayah tersebut, akan menggunakan sistem U-Ditch. “Perbaikan saluran menjadi bagian penting dalam pekerjaan, sebab diketahui bersama kawasan pusat perdagangan dekat dengan sungai Bulango, sehingga potensi terjadinya banjir cukup besar setiap musim penghujan tiba.

Olehnya, rencananya nanti ditempat tersebut kami akan bangun drainase dengan menggunakan sistem U- Ditch, “ujar Marten A. Taha, ketika memberikan sambutan pada kegiatan groundbreaking atas dimulainya pekerjaan revitalisasi kawasan pusat perdagangan, Sabtu (29/1/22) pekan kemarin. Marten mengungkapkan, drainase sistem U-Ditch merupakan saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup. Sehingga, kata Marten, kawasan pusat perdagangan tidak menjadi kumuh sebagai identitas Kota Gorontalo sebagai kota jasa. “Drainase sistem U-Ditch telah banyak digunakan dikota-kota maju di Indonesia. Tidak sedikit
manfaat yang akan dirasakan jika menggunakan saluran menggunakan U-Ditch.

Diantaranya, kemampuan dalam meresap dan mengalirkan air tidak dapat diragukan, pengerjaan saluran air tidak lagi membutuhkan waktu lama, karena saluran U-Ditch siap pasang, sehingga pekerjaan saluran tidak akan mengganggu aktivitas lalu lintas. Terus juga penggunaannya bisa berpuluh-puluh tahun. Karena kualitas yang dimiliki U-Ditch adalah mutu beton K 350, “ucapnya.Marten juga menambahkan, U-Ditch dapat diaplikasikan pada pinggiran jalan, perumahan, maupun daerah yang sering rawan banjir.

Hal ini, kata Marten, karena dimensi bentuk yang dimiliki berbentuk huruf U, sehingga bisa digunakan sebagai saluran terbuka maupun tertutup. “U-Ditch juga dapat memudahkan kita untuk mengecek arus aliran air, membersihkan saluran, atau memperbaiki bagian yang rusak. U-Ditch membuat saluran air dipinggiran jalan terlihat rapi dan bebas dari sampah-sampah, “tutup Marten.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *