KotagorPemkot

7 Prioritas Pembanguan Nasional 2022

169
×

7 Prioritas Pembanguan Nasional 2022

Sebarkan artikel ini
Pembukaan sosialisasi dan bimtek penyusunan APBD 2022, Manado (8/10, Foto Hms).

MANADO (RAGORO)- Dalam meningkatkan kwalitas hidup masyarakat yang berkelanjutan, Pemerintah pusat telah menetapkan 7 (tutjuh) prioritas pembangunan nasional di tahun 2022.

Ketujuh program prioritas pembangunan nasional tersebut pertama meliputi memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. Kedua mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemataan.

Ketiga, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Ke empat revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Kelima, memperkuat infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan dasar. Enam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim, serta yang ke tujuh, memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Hal ini seperti yang menjadi topik pembahasan oleh Walikota Gorontalo Marten A, Taha dalam forum bibingan teknis penyusunan APBD tahun anggaran 2022, di Manado, pekan kemarin.

Terkait dengan penyusunan APBD tahun 2022 di Kota Gorontalo kata Marten, kita harus sinkron dengan program prioritas nasional yang termuat didalam RPJMN dan RKPD tahun 2022, serta sinkron pula dengan program prioritas Pemerintah Provinsi Gorontalo berdasarkan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan daerah, sebagaimana permendagri nomor 90 tahun 20219.

Menurutnya, pembangunan di Kota Gorontalo, pihaknya harus memprioritaskan pembangunan dalam hal pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi serta agama dan budaya dengan tetap memperharikan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran.

Olehnya itu, dalam penyusunan APBD, harus sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditentukan. “Kapan TAPD penyusunan KUA PPAS, kapan menyampaikan kepada kepala daerah, menyampaikan kepada DPRD membahas bersama sampai dengan penyusunan Raperda, penetapannya sampai pada pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Juga harus konsisten disetiap tahapan tersebut, “tutup Marten.(tr11).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *