oleh

Luangkan Waktu Berkebun Dimasa Pandemi

-Kotagor-134 views

PEMKOT (RAGORO)- Di masa pandemi seperti ini, menurut penjelasan Ketua TP. PKK Kota Gorontalo Jusmiaty Taha Kiayi Demak, berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan alternatif mengisi waktu luang di rumah bersama keluarga. Menurutnya, berkebun juga bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan bersama buah hati.

“Kita bisa memberikan edukasi tentang pemanfaatan pekarangan sejak dini kepada anak-anak kita. Banyak manfaat tentunya yang bisa mereka dapatkan.

Diantaranya adalah memperkuat emosional antara anak dengan orang tua, nilai kerjasama, bisa lebih menghargai alam dan lain-lain.

Salah satunya adalah memanfaatkan pekarangan rumah dimasa pandemi seperti saat ini, “ujar Jusmiaty belum lama ini. Lanjut, Jusmiaty memberikan contoh sepertihalnya lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal kita atau yang disebut lahan pekarangan rumah.

Kata Jusmiaty, jika dikelolah dengan baik, tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih menarik, nyaman, indah, sehat dan menyenangkan, serta dapat memberikan manfaat untuk keluarga.

Olehnya itu, pemanfaatan lahan pekarangan rumah kata Jusmiaty dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan.

“Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala, bisa dipenuhi dari kebun/pekarangan rumah. Pemanfaatan lahan pekarangan bisa dilakukan sesuai keinginan/selera kita.

Dirinyapun memberikan contoh tanaman yang cocok untuk ditanam dilahan pekarangan rumah sepertihalnya jenis tanaman hortikultura, “ucapnya.

Dirinyapun menilai berdasarkan evaluasi selama ini, “Hatiku PKK” yang berada di Kelurahan Tomulobutao Selatan terbukti efektif dalam peningkatan ketahanan pangan keluarga dimasa pandemi.

Namum pelaksanaannya masih bersipat parsial sehingga perlu inomasi dan optimalisasi. “Saya sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat yang disekitar ini sudah secara optimal memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam tanaman yang bermanfaat untuk keluarga, “tandasnya.(tr11).

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.