oleh

Inflasi Wilayah Sulawesi, Kota Gorontalo Raih TPID Award Terbaik, di Tahun 2020

PEMKOT (RAGORO)- Kota Gorontalo kembali menerima penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartarto, dengan TPID Kabupaten/Kota Terbaik ditahun 2020 Wilayah Sulawesi.

Kegiatan rapat koordinasi Nasional pengendalian inflasi tahun 2021, tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat Istana Negara secara virtual dengan menghadirkan seluruh kepala daearah sebagai pemenang TPID Award 2020, salah satunya adalah Walikota Gorontalo Marten A. Taha, Rabu (25/8/21).

Mengawali sambutan, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa syukurnya karena di tengah ketidakpastian saat ini perekonomian Indonesia semakin baik dengan tingkat inflasi terkendali.

“Kita wajib bersyukur, meskipun kita masih menghadapi ketidakpastian perekonomian negara kita semakin membaik. Tetapi tetap kita harus menjaga kewaspadaan, “ujarnya.

Dirinya juga menekankan, kepada jajaran terkait untuk tetap waspada dan hati-hati dalam mengatur keseimbangan antara upaya penganganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi di kuartal III-2021 pada saat ini.

“Tetap harus waspada, tetap harus hati-hati mengatur keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi, mengatur rem dan gas.

Penyebaran COVID-19 harus bisa kita kendalikan dan masyarakat yang rentan harus bisa kita lindungi, “tegasnya. Sementara itu, Walikota Gorontalo Marten A. Taha saat dimintai penjelasan usai mengikuti rakor TPID nasional secara virtual mengungkapkan rasa bahagia dengan penghargaan yang didapatkan.

“Alhamdulillah, walaupun ditengah pandemi seperti saat ini masih sempatkan terimah penghargaan dari pusat, dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok bagi masyarakat. Dan ini juga berkat kerja keras Tim TPID Kota Gorontalo, “ucapnya.

Dengan prestasi yang diterima Kota Gorontalo kata Marten, tak lepas dari langkah strategis 4K (Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, Komunikasi efektif).

“Jadi empat hal penting ini dikami yang menjadi landasan didalam melakukan pengendalian inflasi di Kota Gorontalo, yang tidak terlepas dari strategi 4K, “jelas Marten.

Bukan saja itu, Marten juga menyatakan prestasi tersebut menjadi bukti bahwa meski kondisi masyarakat Kota Gorontalo terpuruk akibat Pandemi COVID-19, tapi tidak sampai menambah angka kemiskinan secara drastis.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut mendorong Kota Gorontalo bisa mengatasi inflasi mulai dari pihak Pemerintah Provinsi hingga masyarakat Kota Gorontalo, “imbuhnya.

Dikatahui juga TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2020 dari Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Kota Pekanbaru, Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Kabupaten Banyuwangi, Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Kota Samarinda, Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Kota Gorontalo, dan Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Kota Jayapura.(tr11).

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.