Kabupaten Gorontalo

Diguyur Hujan Terus Menerus, Puluhan desa di 18 Kecamatan Kabupaten Gorontalo Diterjang Banjir

116
×

Diguyur Hujan Terus Menerus, Puluhan desa di 18 Kecamatan Kabupaten Gorontalo Diterjang Banjir

Sebarkan artikel ini
pemerintah kabupaten Gorontalo menggelar rapat koordinasi membahas langkah cepat penanganan banjir Rapat dipimpin bersama oleh Asisten I Nawir Tondako, Asisten II Romi Syahrain, dan Asisten III Haris Tome. (photo irvan kominfo)

Pemda Kabupaten Gorontalo Prioritaskan Bantuan Makanan Untuk Warga

  • Editor  : Sahril Rasid
  • Penulis  : Tuken

GORONTALO (RG.COM)—Pemerintah Kabupaten Gorontalo kini tengah disibukan dengan musibah banjir di sejumlah desa di 18 kecamatan se Kabupaten Gorontalo.

Berbagai upaya kini dilakukan untuk membantu warga terkena musibah banjir serta mengantisipasi banjir susulan. Parahnya hujan seakan tiada mau berhenti terus menguyur wilayah Kabupaten Gorontalo.

Untuk itu pemerintah menggelar rapat koordinasi membahas langkah cepat penanganan banjir tersebut. Rapat dipimpin bersama oleh Asisten I Nawir Tondako, Asisten II Romi Syahrain, dan Asisten III Haris Tome.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Udin Pango mengakui saat ini kondisi darurat banjir, mengatakan, rapat tersebut diadakan untuk merespon imbas bencana banjir yang mengakibatkan banjir di 12 kecamatan.

“Sebagai langkah awal telah dibuka dapur umum dan tenda pengungsian untuk membantu masyarakat yang terdampak, bantuan makanan diprioritaskan untuk masyarakat yang berada di tenda pengungsian,” jelas Udin Pango

 Berdasarkan laporan dari para camat, sebagian masyarakat memilih bertahan di rumah, mereka masih bisa beraktivitas dan memasak sendiri.

Tim Pemda akan memprioritaskan masyarakat yang benarbenar membutuhkan, utamanya warga (korban) yang menghuni tenda pengungsian.

Update terkini, wilayah yang paling parah terdampak banjir adalah Limboto, Telaga Jaya, Tilango, dan Bongomeme.

Sementara Biluhu dan Dungaliyo yang sebelumnya terparah, kondisinya mulai membaik. Sementara itu, Pemerintah daerah melalui berbagai jaringannya terus memantau situasi dan perkembangan banjir.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Safwan T. Bano (STB), meninjau langsung warga yang terdampak banjir di kecamatan Telaga Biru, Tilango, dan Telaga Jaya, Selasa (09/07/2024) kemarin.

Safwan Bano memastikan bantuan dari Dinas Sosial untuk warga terdampak banjir di tiga kecamatan tersebut telah tersalurkan dengan baik.

“Ini adalah tugas pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ujar mantan Kadis Sosial ini.

Dalam kunjungannya, Safwan meninjau bencana banjir yang telah memasuki hari ketiga, terutama di desa-desa dekat Danau Limboto.

“Alhamdulillah, posko makanan dari Dinas Sosial (Tagana ,red.)terus menyediakan bantuan makanan bagi warga yang terdampak,” tambahnya.

Safwan berharap banjir segera surut agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa. “Semoga bencana banjir ini segera berakhir dan warga dapat kembali beraktivitas normal,” pungkasnya. (*****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *