Kota Gorontalo

Warga Kota Gorontalo Sembelih 1.160 Ekor Hewan Qurban

113
×

Warga Kota Gorontalo Sembelih 1.160 Ekor Hewan Qurban

Sebarkan artikel ini
Pj Walikota Ismail Madjid saat penyerahan hewan qurban kesalah satu masjid di Kota Gorontalo, Senin (17/6, Foto PK

Dibanding  Idul Adha 2023 Jumlah Hewan Qurban Idul Adha Tahun 2024 Menurun

  • Editor : Sahril Rasid
  • Penulis : Levi

GORONTALO (RG.COM)—Total hewan qurban yang disembeli  oleh warga di Kota Gorontalo di hari raya Idul  Adha 1445  (2024) ini mencapai 1, 160 hewan qurban.  Dibanding Idul Adha tahun 2023 jumlah hewan qurban tahun ini menurun, pasalnya tahun lalu mencapai  1218 Hewan qurban.

Hewan qurban sapi  paling dominan yakni berjumlah 1.126 ekor dan kambing 34 ekor, Ini sesuai data Bagian Kesra Setda Kota Gorontalo.

 “. Dari data yang kami terima, tercatat ada sebanyak 1.160 ekor hewan kurban yang disembelih diantaranya, sapi 1.126 ekor dan kambing 34 ekor,” ujar Plh Kabag Kesra Setda Kota Gorontalo, Sukamto Mooduto, Senin (17/6/2024).

Hewan qurban sebanyak itu dari lembaga pemerintah daerah, lembaga hukum, legislatif, perbankan, swasta, Tokoh masyarakat dan lain sebagainya.

Data Bagian Kesra , 1.160 hewan kurban dari kecamatan dan kelurahan sebanyak 1.075 ekor sapi dan 34 ekor kambing.

Kemudian Penjabat Wali Kota Gorontalo 10 ekor sapi, dan lintas OPD Kota Gorontalo 40 ekor sapi.Bank SulutGo Cabang Gorontalo sebanyak 1 ekor sapi

. “Untuk Idul Adha tahun ini, memang jumlah hewan qurban yang disembelih di Kota Gorontalo mengalami penurunan dibandingkan dengan Idul Adha di tahun 2023 sebanyak 1.218 ekor. Mungkin salah satu faktornya adalah, harga hewan qurban yang naik di tahun ini,” ujar Sukamto memperkirakan.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, menyembelih hewan qurban pada momen lebaran idul Adha merupakan ibadah sunnah.

Akan tetapi, ibadah sunnah tersebut memiliki pahala yang begitu besar bagi setiap umat muslim yang berqurban.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Gorontalo, mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin,” ujar Pj Walikota

Dikatakan Ismail  Madjid menyembelih hewan qurban adalah ibadah sunnah, Tetapi wajib kita tahu bahwa ibadah ini menyimpan begitu banyak pahala dan manfaat.

Misal, meraih berkah di dunia, penghapusan dosa, sebagai wujud syukur bisa berbagi rezeki dengan sesama, ibadah yang sangat dicintai Allah SWT dan terakhir sebagai penenang jiwa,” ujarnya.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *