Universitas Gorontalo

FKM Unigo dan Untika Sukses Laksanakan Pengabdian Kolaborasi

977
×

FKM Unigo dan Untika Sukses Laksanakan Pengabdian Kolaborasi

Sebarkan artikel ini

KAMPUS (RG.COM) – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (Unigo) dan Universitas Tompotika (Untika) sukses melaksanakan pengabdian kolaborasi yang dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa (3-4/6) di Kabupaten Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah.

Koordinator tim Franning Deisi Badu, SKM, M.Kes menjelaskan pengabdian kolaborasi ini merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama mitra antar PTS wilayah LLDIKTIXVI dalam hal ini antara Universitas Gorontalo dan Universitas Tompotika Luwuk Banggai.

Pengabdian kolaborasi ini masuk dalam kegiatan mata kuliah “Promosi Kesehatan dan Ekonomi Kesehatan” yang digagas sesuai dengan capaian pembelajaran aktivitas partisipatif dan luaran dalam bentuk integrasi pengajaran dan pengabdian pada masyarakat.

“Mata kuliah ini terdapat pada semester 4 yang diikuti oleh mahasiswa sebanyak 99 orang dan 5 dosen serta 2 alumni,” ungkap Franning.

Kegiatan dilaksanakan pada kelompok sasaran anak – anak dan orang tua pada tatanan sekolah di 5 sekolah Taman Kanak-kanak di wilayah Luwuk Banggai.

“Dalam kegiatan pengabdian ini kami melaksanakan beberapa agenda meliputi penyuluhan PHBS pada anak diiringi dengan senam sehat, peragaan 8 langkah cuci tangan dan lainnya,” terangnya.

Di samping itu dilaksanakan juga pemeriksaan kesehatan anak dan kebersihan diri, pengukuran tinggi dan berat badan anak, LILA (Lingkar Lengan Atas) anak serta ⁠pemeriksaan kesehatan pada org tua dan guru meliputi pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula darah dan darah tinggi.

“Kegiatan dihadiri dari Dinas Pendidikan setempat, Ketua IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) dan tiap sekolah ada perwakilan mahasiswa dari FKM Untika, FKM Unigo, ada dosen dari FKM Untika dan dosen FKM Unigo, termasuk dihadiri kedua dekan,” imbuh Franning.

Dikatakan Franning, kolaborasi pengabdian ini akan dijadikan luaran dalam bentuk karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi yang dikolaborasikan dengan tim FKM Untika DAN FKM Unigo.

Selanjutnya, di kampus FKM Untika di ruang aula dilaksanakan sharing session oleh Dekan FKM Untika kepada mahasiswa FKM Unigo.

Sharing session tentang “penguatan promosi kesehatan dalam peningkatan indeks pembangunan manusia”

“Setelah itu dilaksanakan seremonial penutupan seluruh rangkaian kegiatan yang ditandai dan penyerahan plakat serta piagam antar sesama dan diakhiri dengan makan malam bersama FKM Unigo dengan FKM Untika,” tandas Franning.

Perlu diketahui koorditor mata kuliah Franning Deisi Badu, SKM, M. kes dan Hj. Dewi Kartika, SKM, M. Kes

Tim dosen yang ikut terlibat dalam kegiatan Dekan FKM : Dr. Rahmawati, SKM, M.Kes, Moh. Rivandi dengo, SKM, M.Kes, Herman Hatta, SKM, M.Si dan alumni Supratman Anwar, SKM dan Abdul Rafiq Pomatu, SKM. (ind-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *