Gorut

Pemprov Gorontalo Akan Bangun 3 Rumah Warga Yang Hanyut Saat Banjir di Kecamatan Tolinggula

475
×

Pemprov Gorontalo Akan Bangun 3 Rumah Warga Yang Hanyut Saat Banjir di Kecamatan Tolinggula

Sebarkan artikel ini
Peninjaun korban banjir di kecamatan Tolinggula oleh pj gubernur Ismail Pakaya dan Pj Bupati Gorontalo Utara beberapa waktu lalu. (photo kominfotik)
  • Editor       : Sahril Rasid
  • Penulis     : Indra Bakari

GORONTALO UTARA (RG.COM) – 3 (tiga) rumah warga yang hanyut terbawa arus sungai saat musibah banjir di Kecamatan Tolinggula, pekan lalu, akan kembali dibangun.

Rencananya pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Pemeirntah Kabupaten Gorontalo akan membangun rumah warga tesebut di lokasi yang lain.

“Iya itu sudah disampaikan Pak Pj Gubernur saat meninjau pasca banjir Senin pekan lalu. Jadi, dari Pemprov yang akan membangun. Dan Pak Pj Gubernur minta dibangun di lahan yang jauh dari bantaran sungai,” ungkap Kepala BPBD Gorontalo Utara Sumitro Datunsolang.

Untuk lahan dibangunnya ketiga rumah tersebut dikatakan Sumitro saat ini telah disiapkan dan tinggal permohonan secara administrasi ke Pemprov.

“Jadi, lahannya sudah ada. Sudah ada suratnya, kemarin (Senin 15 April) sudah diserahkan oleh Pak Camat ke saya. Nanti oleh ibu Pj Bupati diberi pengantar ke Pak Gubernur. Jadi, surat itu sudah ada hibah dari keluarga dan mengetahui kepala desa,” terang Sumitro.

Untuk saat ini, lanjut kata Sumitro, terhadap penanganan pasca banjir Tolinggula, pihaknya masih fokus pembersihan rumah-rumah warga dan fasilitas publik yang sempat terendam air akibat banjir.

Termasuk pihaknya fokus membangun kembali 3 (tiga) rumah yang hanyut tersebut.

Sementara rumah-rumah yang mengalami rusak berat dan ringan masih akan dikoordinasikan setelahnya.

“Kita prioritaskan dulu 3 (tiga) rumah yang hanyut, kemudian kita koordinasi lagi dengan provinsi, mana yang menjadi bagian provinsi mana yang bisa diambil kabupaten,” jelasnya. ********

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *