HeadlinesKabgor

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Peringati HUT ke 350 Tahun

236
×

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Peringati HUT ke 350 Tahun

Sebarkan artikel ini
Pemotongan tumpeng di Paripurna perayaan HUT Kabgor diusianya ke 350 tahun oleh Bupati dan diserahkan langsung ke Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya disaksikan para pimpinan DPRD dan forkopimda. (foto humas kominfo)
  • Editor      : Sahril Rasid
  • Penulis    : Moh Tuken Tuna

GORONTALO (RG.COM)—Kabupaten Gorontalo memperingati hari ulang tahunnya yang ke 350 tahun  melalui sidang paripurna di DPRD Kabupaten Gorontalo Minggu (26/11/23) kemarin.

Saat itu hadir sejumlah kepala daerah, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Bupati Kabupaten Pohuwato Saipul Mbuinga, Sekdaprov, dan pejabat unsur muspida lainnya.

Prof. Nelson,dalam sambutannya mengatakan  sebagai masyarakat Kabupaten Gorontalo kita wajib bersyukur. 

Dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Gorontalo sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi.

Dan kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja kerja produktif demi meraih cita cita dan harapan akan masa depan  yang lebih baik.

”Begitu juga sebagai generasi penerus mari kita jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Gorontalo selama ini kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna  dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya,”Kata Nelson Pomalingo.

Nelson mengatakan,Rasa cinta dan bangga  terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing.

”Spirit inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo menjadikan “3njoy 5emua 0rang Meraih Kemandirian” sebaga tema Peringatan HUT ke-350 pada tahun 2023 ini.”jelas Nelson.

Tema tersebut,ungkap Nelson,mengandung pesan bahwa setiap orang diharapkan untuk menjalankan dan menikmati setiap proses pembangunan yang sedang dilaksanakan demi mencapai kemandirian.

”Bagi Pemerintah Daerah Kemandirian yang dicita-citakan adalah Mandiri dari sisi pengelolaan keuangan daerah, pengambilan keputusan, pembangunan, dan pengaturan dan pemberdayaan masyarakat,”ujar Bupati Nelson.

Bupati dua periode itu menambahkan,Dalam konteks demikian,maka ada beberapa hal yang patut kita garis bawah.

Pertama,momentum hari jadi ke 350 Kabupaten Gorontalo ini, hendaknya kita jadikan sebagai wahana reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita laksanakan, dalam berkontiribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Gorontalo.

Kedua, pada momentum ini kita juga dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca persoalan-persoalan strategis yang tengah dialami oleh daerah kita kini dan masa depan, untuk kemudian kita jadikan agenda penting dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Gorontalo yang madani.


“Ketiga, momentum hari jadi ini, kita jadikan wahana untuk meneguhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Kabupaten Gorontalo yang sangat kita banggakan ini sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing”pungkas Nelson.

Kabupaten Gorontalo Gemilang Mandiri 2 x lebih baik, dalam  3 tahun terakhir ini telah menyapa dan dirasakan masyarakat Kabupaten Gorontalo.

indikatornya dapat dilihat dari berbagai keberhasilan program,kebijakan dan terobosan yang tercetus dari pemerintahan Bupati Nelson Pomalingo Dan Wakil Bupati Hendra Hemeto dalam 3 tahun terakhir ini.

mulai dari pembangunan fisik berupa infrastruktur jalan,sarana dan prasarana di sektor  kesehatan, pendidikan , pertanian, perkebunan, peternakan, ketahahana  pangan,perdagangan  dan sektor lainnya terus mendapat perhatian dan sentuhan inovasi  pemerintah Kabupaten Gorontalo.


Juga,program pemberdayaan ekonomi masyarakat, reformasi birokrasi dan  pelayanan pemerintahan juga menunjukkan keberhasilan yang progresif.

berbagai indikator keberhasilan kab. gorontalo gemilang 2 x lebih baik itu, tidak hanya dapat dilihat dari angka-angka statistik yang semakin lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi juga dapat diselami dari dinamika kehidupan di masyarakat.


Seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan dan bergantinya tahun tidak terasa Kabupaten Gorontalo telah berusia Tiga Setengah Abad.

 dimana pada hari ini 26 November 2023 Kabupaten Gorontalo tepat berusia 350 tahun. 350 tahun adalah rentang panjang perjalanan karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarahterang Bupati Gorontalo (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *