Headlines

Mahasiswa KKN UNG Tingkatkan Ekonomi UKM Desa Marisa Utara

214
×

Mahasiswa KKN UNG Tingkatkan Ekonomi UKM Desa Marisa Utara

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo 2023 Desa Marisa Utara. (foto:dok)
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo 2023 Desa Marisa Utara. (foto:dok)

GORONTALO – Seiring berkembangnya zaman, telah banyak problematika yang terjadi di Indonesia. Mulai dari permasalahan Politik, Sosial, Budaya dan masih banyak problematika lainnya.

Hal tersebut membuat banyak orang lupa dengan kesadaran-kesadaran yang sifatnya sederhana, namun mengundang makna yang sangat luar biasa.

Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo 2023 Desa Marisa Utara berinisiatif mengadakan penyuluhan potensi UKM untuk meningkatkan pendapatan UKM Desa Marisa Utara dalam urgensi digitalisasi informasi keuangan dan produktifitas kinerja pemasaran.

Dimana hal ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian karena masih banyak para pelaku UKM yang belum memahami terkait persaingan dalam dunia bisnis dan manajemen pembukuan usaha sehingga membuat para pelaku UKM kesulitan dalam bersaing dengan kelompok usaha lain.

Penyuluhan potensi UKM yang diselenggarakan oleh KKN Tematik Desa Marisa Utara mengangkat Tema “Strategi Membangun UKM dalam Urgensi Digitalisasi Informasi Keuangan dalam Meningkatkan Produktifitas Kinerja Pemasaran.

“Para pelaku Usaha Kecil Menengah Desa Marisa Utara masih mengalami kendala di berbagai aspek dalam berbisnis terutama pada segi marketing. Saya merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini kiranya bisa membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan model bisnis yang berkemajuan., kata Rizal Ladiku, A.Md, TMI., S.M selaku Ketua Asosiasi Industri Kecil Menengah (ASRI) Kab. Pohuwato yang juga sebagai narasumber.

” Marisa Utara lebih dominan bergerak di bidang perdagangan salah satunya pada bisnis UKM. Namun, setelah di observasi masih banyak pelaku usaha yang belum paham betul terkait pengelolaan keuangan pada usahanya yang membuat mereka kebingungan menata arus kas keluar dan masuk. Semoga dengan adanya kegiatan ini para pelaku usaha bisa menerapkan ilmu – ilmu yang kiranya bisa di manfaatkan di dalam bisnisnya”. tambah Virginia narasumber yang sekaligus mahasiswa KKN Desa Marisa Utara Jurusan Akuntansi UNG.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Marisa Utara dengan sasaran peserta penyuluhan, yaitu pelaku UKM yang berada di Desa Marisa Utara di antaranya yang bergerak di bidang kuliner, produk kreatif, kecantikan, maupun agribisnis.

Peserta penyuluhan mendapatkan materi terkait strategi membangun UKM, mengembangkan bisnis UKM, pengenalan aplikasi pembukuan, serta terkait hukum dagang.

Ibu Hasna Uloli salah satu peserta kegiatan penyuluhan menjelaskan bahwa “banyak ilmu yang kami dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini dan sangat membantu kami selaku pelaku UKM untuk memahami strategi apa yang bisa diterapkan pada bisnis kami”, Tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *