Headlines

Nelson Keren dengan Batik WCD. Ada Ornamen Kelapa dan ‘Pahangga’

453
×

Nelson Keren dengan Batik WCD. Ada Ornamen Kelapa dan ‘Pahangga’

Sebarkan artikel ini
Bupati Nelson Pomalingo dengan batik World Coconut Day yang bakal digelar 21-25 September 2023. (foto:dok)
Bupati Nelson Pomalingo dengan batik World Coconut Day yang bakal digelar 21-25 September 2023. (foto:dok)

KABGOR – Bulan September ini Ajang World Coconut Day atau WCD bakal digelar. Tepatnya tanggal 21 September sampai 25 September 2023.

Beragam persiapan terus dimatangkan, termasuk keterlibatan keterlibatan semua pihak terkait guna suksesnya ajang tersebut.

Bendera negara negara peserta WCD pun sudah mulai berkibar. Ada kurang lebih 20 negara bakal hadir. Mereka memang adalah negara negara yang memiliki kekayaan alam Kelapa yang cukup luas.

Menariknya, diajang WCD ini pula ada batik khusus yang akan digunakan. Bupati Nelson terlihat mulai menggunakan memperkenalkannya dibeberapa tempat.

Nuansa batik merah maroon, dengan motif kelapa dan Pahangga tergambar disini. Cukup cantik dan elegan memang nampak terlihat. Punya nilai estetik, dan budaya.

Pahangga sendiri merupakan tiang atau pilar disetiap singgasana raja di Gorontalo. Sehingga Itu pun mulai digunakan disetiap acara perkawinan, singgasana pelaminan.

” Ya, ini batik khusus WCD. Nuansa merah maroon, ada gambar kelapa dan Pahangga, perpaduan kultur dan adat Gorontalo. Pahangga juga kami ambil dengan motif warna warni. Menggambarkan keharmonisan, ada warna biru, kuning, hijau dan merah. Selain batik ada juga nanti kerawang.” Ucap Nelson.

Dari nilai kultur dan kebudayaan inilah Bupati Gorontalo mencoba mempromosikan hal ini ke khalayak. Bahwa Kabupaten Gorontalo dan Provinsi Gorontalo layak dikenal dunia mancanegara, mampu menggelar acara bertaraf internasional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *