Provinsi Gorontalo

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya ‘Diteror’ Berita Fiktif

228
×

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya ‘Diteror’ Berita Fiktif

Sebarkan artikel ini
Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya saat memapar kinerja triwulan I ke Kemendagri Jumat (11/8/2023) kemarin. (Foto: Dzakir – BPPG).

Editor : Sahril Rasid

GORONTALO (RG-COM) Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya diserang dengan sejumlah berita fiktif oleh oknum yang belum diketahui identitasnya.

Dengan memanfaatkan nama media online, lalu link yang hanya judul tanpa isi berita disebar melalui media whats App.

Teror berita palsu tersebut dengan mengutip link nama media berita di Gorontalo seperti, Rakyat Gorontalo.Com, Lensa Today, dan Tribun Gorontalo.

Setidaknya ada lima tautan berita yang seolah-olah ada. Namun, ketika dibuka tautan tersebut tidak ada isi beritanya

Berita yang hanya judul saja ini sempat dipertanyakan oleh tim kemendagri kepada Pj Gubernur saat rapat evaluasi .


Dinas Kominfo dan Statistik Pemprov Gorontalo mencatat ada lima tautan berita fiktif yang dikantongi Kemendagri. Tiga tautan mencatut nama Tribun Gorontalo, dua lagi mencatut nama Lensa Today dan Rakyat Gorontalo.

Tiga tautan fiktif yang mencatut nama Tribun Gorontalo yakni

https://gorontalo.tribunnews.com/2023/05/10/ismail-pakaya-staf-ahli-kemnaker-dan-kini-jadi-pj-gubernur-gorontalomeresahkan-masyarakat https://gorontalo.tribunnews.com/2023/05/12/-ismail-pakaya-pj-gubernur-gorontalo-marah-petugas

dan https://gorontalo.tribunnews.com/2023/05/12/puluhanpengawal-ismail-pakaya-sebagai-pj-gubernur-gorontalo-arogan.

Berdasarkan penelusuran ke tiga media daring tersebut ketiganya membantah. Redaktur Harian Tribun Gorontalo Wawan Akuba menjelaskan, pihaknya tidak pernah membuat berita dimaksud.

“Berita ini tidak pernah ada, kalaupun berita ada dan sudah kami hapus pasti thumbnail masih muncul saat disebar,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (11/8/2023).

Hal senada diungkapkan Pemimpin Redaksi Lensa Today Andre Bone. Ia menilai tautan itu sengaja diubah oleh oknum sehingga seolah olah benar. Hal yang sesungguhnya terjadi, pihaknya pernah menulis berita dengan tautan yang mirip yakni https://lensa.today/pj-gubernur-gorontalo-kenapa-hamka-hendra-noer-harus-diganti/.

“Kalau berita soal Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer benar kami pernah menulis, tapi kalau Ismail Pakaya tidak. Mungkin tautannya sengaja diganti dari Hamka Hendra Noer jadi Ismail Pakaya,” bebernya.

Berikutnya pernyataan dari Wakil Direktur Rakyat Gorontalo Sahril Rasid yang juga mengaku tidak pernah menulis dan menerbitkan berita dimaksud.

“Kami tidak pernah menulis dan menerbitkan berita dimaksud. Saya sudah cek di sistem tidak ada,” tegas Sahril.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *