Universitas Gorontalo

KKP UG akan Dorong Kemandirian Masyarakat di 3 Kabupaten

146
×

KKP UG akan Dorong Kemandirian Masyarakat di 3 Kabupaten

Sebarkan artikel ini
Survey lokasi KKP UG angkatan XXIV gelombang I tahun 2023 di wilayah Kabupaten Gorontalo, Selasa (25/7) kemarin. (Foto : istimewa)

Didorong Lewat Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal

KAMPUS (RG.COM) – Kuliah Kerja Pengabdian Universitas Gorontalo (KKP UG) angkatan XXIV gelombang I tahun 2023 akan fokus mendorong kemandirian masyarakat.

Sebagaimana disampaikan Ketua Satuan Pelaksana Kuliah Kerja Pengabdian Universitas Gorontalo angkatan XXIV gelombang 1 tahun 2023, Suaib Napir, S.IP, M.Si ketika berbincang dengan awak media ini, Senin (24/7).

Seperti diketahui, kali ini, KKP UG terpusat di 3 kabupaten, yakni, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara.

“Jadi, kita ingin menciptakan suatu kemandirian yang berbasis potensi lokal,” ungkap Suaib.

Makanya, lanjut kata Suaib, mahasiswa yang diturunkan nanti diminta untuk mendorong agar masyarakat bisa berdaya dalam memanfaatkan potensi lokal yang ada di setiap desa.

“Jadi, sangat bergantung pada potensi desa. Kalau misalnya dia perikanan, maka itu yang akan diarahkan. Kalau pertanian, itu yang mungkin akan diarahkan,” jelasnya.

Oleh karena itu, saat survey lapangan, Suaib mengaku, pihaknya benar-benar manfaatkan untuk mencari tahu potensi yang ada di masing-masing kecamatan dan desa yang nantinya menjadi pusat pelaksanaan KKP UG.

“Makanya, penempatan mahasiswa juga kita sesuaikan dengan potensi yang ada di desa itu. Sehingga targetnya bisa tercapai, bagaimana memberdayakan masyarakat berbasis potensi lokal,” pungkasnya. (RG-56)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *