Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Fenomena Bunuh Diri.  Prof Moon H Otoluwa, Minta Jurusan Psikologi UMGO Bantu Peningkatan Kesehatan Mental Masyarakat

312
×

Fenomena Bunuh Diri.  Prof Moon H Otoluwa, Minta Jurusan Psikologi UMGO Bantu Peningkatan Kesehatan Mental Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Talk Show Yang digagas oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) beberapa hari lalu.
  • Editor           : Sahril Rasid
  • Reporter     : Ajir  

GORONTALO (RG.COM) Fenomena kasus kematian dengan cara bunuh diri (gantung diri) di Provinsi Gorontalo mendapat perhatian kalangan akademisi.

Prof Moon Hidayayati Otolowa mengatakan kesehatan mental itu menjadi penting bagi masyarakat. Dengan cara lebih mendekatkan diri pada sang maha pencipta Allah Swt, serta membiasakan diri selalu berfikir positif dan selalu merasa tidak sendirian, dan mampu mengelola stress.

Ini dikatakan oleh Wakil Rektor I Bidang akademik Universitas Muhamadiyah Gorontalo (UMGO), saat memberikan sambutan Talkshow dengan tema : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Mencegah Dampak Buruk Terhadap Diri Kita,”

Yang digagas oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) beberapa hari lalu.

Prof Moon Hidayanti Otoluwa juga menjelaskan, pihak akademisi khususnya kalangan kampus juga harus turut terlibat dalam meningkatkan kesehatan mental.

Mengigat kampus terdiri dari banyak kalangan muda, mahasiswa yang tentunya memiliki latar belakang berbeda.

“ Kesehatan mental sangat penting, agar pikiran kita tidak mudah terhasut oleh perbuatan yang menyesatkan, dan tidak menyepelekan mental seseorang karena beban yang ditanggung setiap orang berbeda  beda,” ujar Moon Otoluwa.

Apa yang meniadi kontribusi kampus dalam membantu kalangan mahasiswa dalam meningkatkan kesehatan mental ?

“ Kampus perlu menyediakan program  konsultasi layanan tentang kesehatan mental dengan lembaga terkait secara gratis yang nantinya berkolaborasi dengan jurusan Psykologi UMGO,” kata Prof Moon Otolowa lagi.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membentengi diri kita dari hal-hal yang tidak baik diantaranya, mendekatkan diri kepada Allah, selalu berfikir positif, lapang dada, serta merasa tidak sendirian.

Diakuinya Jurusan Psykologi UMGO bukan saja belajar secara teori, tapi harus mampu menjadi bagian penting membantu masyarakat meningkatkan kesehatan mental.

Diakuinya tugas dan fungsi seorang psykologi zaman yang makin kompetitif dalam segala hal itu menjadi penting.

Menjadi wadahm untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Maka gagasan untuk membukan konseling gratis itu tentunya menjadi sangat bermanfaat mengatasi persoalan persoalan yang didahapi masyarakat yang tertekan psyikisnya tapi tidak ada wadah untuk bertukar fikiran.

“Semoga dengan adanya talk show ini, kedepannya para mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran tentang bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mental,” harapnya. *****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *