Headlines

FMDKI dan FMIUIGO Sukses Gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH)

88
×

FMDKI dan FMIUIGO Sukses Gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH)

Sebarkan artikel ini

GORONTALO (RG–COM) Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Gorontalo berkolaborasi dengan Forum Mahasiswa Islam Universitas Ichsan Gorontalo (FMIUIGO) dan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Nurul Hidayah gelar Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH), Sabtu (18/03/2023).

Kegiatan yang sukses dilaksanakan di Aula Lantai satu Universitas Ichsan Gorontalo tersebut mengangkat tema “Ramadhan, The Real Healing (Meraih Ketenangan Jiwa dengan Spirit Takwa)” yang dihadiri oleh mahasiswa dan beberapa dosen juga civitas akademik.

Rezqiawati Ishak, M.Kom selaku dosen dan pembina LDF Nurul Hidayah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ichsan Gorontalo dalam sambutannya mengajak peserta untuk menyiapkan bekal sebelum menyambut Ramadan melalui kegiatan ini

“Seperti ibarat akan UAS (Ujian Akhir Semester) otomatis mahasiswa harus butuh bekal yaitu ilmu agar mendapat nilai yang bagus, sama halnya dengan kegiatan kita hari ini, yaitu untuk bertujuan memberikan bekal kepada kita semua sebelum menyambut bulan Ramadan,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, ketua FMDKI Daerah Gorontalo Susanti Abas berharap agar kegiatan ini bukan hanya memberi rasa suka cita menyambut bulan Ramadan, tetapi memberikan pemahaman dan juga semangat untuk tetap Istiqomah dalam beribadah di bulan Ramadan.

Kegiatan ini hadirkan dua pemateri. Pertama dibawakan oleh salah seorang Daiyah, Ustazah Nur Marselawati dengan judul “It’s Ramadhan, Get Ready For The Real Healing”.

Pada awal pemaparannya, Daiyah Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makassar menjelaskan bagaimana Allah mencintai orang yang beribadah dan memiliki Ilmu.

“Puasa adalah kewajiban dan ibadah kita kepada Allah, makannya Allah mencintai setiap orang yang beribadah tapi dengan ilmu, karena beda orang yang beribadah dengan ilmu dan dengan orang yang beribdah tidak di dasari ilmu dan Allah lebih mencintai orang yang datang beribadah dengan Ilmu,” ucapnya.

Turut hadir ustadzah Irmawati sebagai pemateri kedua, yang membawakan materi “How Ramadhan Heals You”.

Ustazah Irmawati mengajak peserta untuk memanfaatkan Ramadan agar banyak berdoa karena banyaknya waktu mustajab dalam bulan Ramadan untuk berdoa.

“Perbanyak doa pada saat bulan Ramadan, mengingat bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan banyak waktu mustajab untuk berdoa, dan yang paling penting berdoalah untuk bisa dipertemukan dengan malam lailatul Qadar,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, panitia mengarahkan peserta dalam kelompok belajar Islam bersama Gen Hijrah, sebuah komunitas belajar Islam FMDKI dan juga pembagian doorprize sebagai bentuk apresiasi kepada peserta pendatang pertama, peserta yang bertanya, dan peserta yang menyimpulkan materi.

Sebagaimana yang diketahui, KARIMAH ini merupakan agenda kedua tahun ini yang sebelumnya telah terlaksana di tanggal 5 Maret 2023 lalu. ( Iin/riel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *