Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Jelang Ramadhan, Mahasiswa Program Berasrama UMGO Latih Puasa Senin-Kamis

279
×

Jelang Ramadhan, Mahasiswa Program Berasrama UMGO Latih Puasa Senin-Kamis

Sebarkan artikel ini
RANGKAIAN kegiatan Program Pembinaan Karakter Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) dan Penguatan Keberagamaan atau Program Berasrama Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

KAMPUS (RAGORO) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022 Masehi. Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ketentuan tersebut tertuang di dalam maklumat Nomor 01/MLM/1.0/E/ 2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 H, ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Program Pembinaan Karakter Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) dan Penguatan Keberagamaan atau Program Berasrama Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan Shalat Tahajud, Sahur untuk Puasa Senin-Kamis, dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah untuk melatih diri sebelum berpuasa 1 Bulan penuh nantinya. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Indoor David Bobihue Akieb, Senin kemarin (7/3).

Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome selaku penanggungjawab program yang ikut dalam Sholat Tahajud, Sahur bersama, dan Shalat Subuh berjamaah menyampaikan, bahwa program berasrama ini wajib bagi seluruh mahasiswa baru. “Program berasrama adalah keunikan dari kampus UMGO yang memiliki Tagline, Kuliah di UMGO Imannya Kuat, Ilmunya Tinggi, Akhlaknya Baik dan Softskillnya Hebat,” ungkapnya.

Kegiatan Tahajud, Sahur untuk puasa Senin-Kamis dan Subuh berjamaah, kata Apris, adalah kegiatan wajib selama berasrama untuk pembiasaan, apalagi menjelang bulan Ramadhan.

Setelah ada edaran Rektor Nomor 151/II.3 AU/A/2022 terkait Perkuliahan Mata Kuliah AIK II dan III, dimana menugaskan mahasiswa semester II yang belum mengikuti program mahasiswa berasrama, perkuliahan AIK II dan III, agar melaksanakan kegiatan yang dimaksud terintegrasi dengan Program Berasrama setiap Sabtu bulan berjalan, di Gedung Indoor David Bobihoe Akib.

Untuk suksesnya pelaksanaan program berasrama, diharapkan kepada Dekan dan Kaprodi untuk memastikan mahasiswa semester II untuk ikut berasrama, karena ini wajib dan nilai AIK II dan III terintegrasi dengan program berasrama.

Kepala Pengelola Asrama Atiq Aqiqotul Hasanah, MA ketika diwawancara terkait kegiatan ini menyampaikan, bahwa kuliah di UMGO nilai Dunia Akhirat dan Program Berasrama adalah jalan yang untuk membekali mahasiswa sukses di masa depan.

Terakhir, Moh. Fikran S. Ngou Mahasiswa Berasrama dari Fakultas Psikologi menyampaikan komentarnya tentang program puasa Senin-Kamis. Baginya, ini sangat baik untuk melatih diri dalam menghadapi puasa di bulan Ramadhan.
“Ini untuk membiasakan diri puasa Senin-Kamis, juga nantinya agar bisa sehat dan dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Puasa juga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel dan mencegah kerusakan organ akibat radikal bebas. Mohon bimbingan dan arahan dari para pembina asrama agar kami bisa mengikuti seluruh agenda ini dengan baik,” tutupnya. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda