KotagorPemkot

BKPP Kota Siapkan ASN yang Bertalenta

147
×

BKPP Kota Siapkan ASN yang Bertalenta

Sebarkan artikel ini
Ben Idrus.

PEMKOT (RAGORO)– Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo tengah mempersiapkan manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu sistem karir ASN yang berdasarkan potensi dan kinerja. Kepala BKPP, Ben Idrus mengatakan, melalui manajemen talenta ASN ini secara sistematis akan menemukan dan mempersiapkan ASN terbaik untuk menduduki jabatan setingkat lebih tinggi. Apabila demikian, kata Ben, maka secara masif kebijakan dan manajemen ASN di kota akan berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar atau disebut sistem merit.

“Diundang-undang ASN itu jelas kepegawaian harus dengan sistem merit. Dan manajemen talenta ini akan mewujudkan hal itu dengan objektif, terencana, terbuka, yang paling utama bebas dari praktik KKN, “ungkap Ben. Lebih lanjut, Ben menjelaskan, ASN yang akan menduduki jabatan tertentu akan diidentifikasi, dinilai dan dilakukan pemetaan terlebih dahulu melalui hasil penilaian kinerja, kemampuan intelektual, kecerdasan emosional hingga pada aspek integritas dan moralitas.

“Salah satu identifikasi awal melalui peta jabatan kemudian akan di assesment secara komprehensif dan objektif sampai pada uji kompetensi jadi tidak hanya persyaratan adminsitratif
saja, “ujarnya. Hasil dari proses penilaian, lanjut Ben, nantinya akan menggambarkan potensi setiap ASN untuk dikembangkan melalui sejumlah kebijakan strategis diantaranya bimbingan kinerja, konseling kinerja, rotasi jabatan hingga sekolah kader. “Manajemen talenta ini bukan tentang lulus atau tidak tapi lebih pada penggambaran kualitas asn yang akan terus dikembangkan sehingga sudah siap ketika akan menduduki jabatan, “ujarnya. Dirinyapun mencontohkan pada sejumlah kota besar yang telah menerapkan manajemen talenta, sehingga pengisian jabatan menjadi lebih praktis dan efisien. “Dibandung sudah tidak melalui seleksi terbuka, semuanya sudah melalui sistem yang realtime ASN yang akan menduduki jabatan, “pungkasnya.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *