Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Spektakuler, Mahasiswa PPKKMB Tampilkan Skill di Malam Inaugurasi

353
×

Spektakuler, Mahasiswa PPKKMB Tampilkan Skill di Malam Inaugurasi

Sebarkan artikel ini
RANGKAIAN kegiatan malam Inagurasi Mahasiswa Program Pembinaan Karakter Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) Gelombang I, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), di gedung David Bobihue Akieb.

KAMPUS (RAGORO) – Mahasiswa Program Pembinaan Karakter Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) Gelombang I, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), berhasil menghibur seluruh penonton dengan berbagai penampilan yang spektakuler, baik itu yang ikut secara daring maupun luring. Para mahasiswa ini tampil
di acara malam Inaugurasi yang dilaksanakan di Gedung David Bobihue Akieb, Rabu kemarin (16/2).

Adapun hiburan yang ditampilkan mahasiswa berasrama ataupun PPKKMB tersebut diantaranya, Theater Opera Tuhan, Syahril Qur’an, Puisi Berantai, Drama Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Drummer Tari, Story Telling, dan Monolog Bahasa Inggris. Semua ini ditampilkan mahasiswa baru UMGO yang diasramakan selama 4 bulan. Mereka dibina oleh pembina seni, pembina keagamaan, pembina bahasa, dan seluruh musyrif dan musyrifah.

Ketua Panitia, Andrimato dalam laporannya menyampaikan, bahwa seluruh persiapan termasuk dekorasi dengan nuansa alam, semuanya disiapkan sendiri dan idenya dari mahasiswa berasrama. Adapun tujuan dari malam Inaugurasi ini, katanya, agar seluruh potensi, kreatifitas, dan skill mahasiswa selama berasrama ditampilkan dihadapan orang tua dan masyarakat. “Hal ini juga dilakukan agar mereka berani dan terbiasa tampil di depan umum,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Asrama UMGO, Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan PPKKMB Gelombang I ini sudah menjelang akhir. “Jadi, kegiatan ini tujuannya untuk membina karakter dan kepribadian serta penguatan keberagamaan dari pembiasaan dalam berasrama,” tegasnya.

Di malam Inaugurasi ini, lanjutnya, para mahasiswa berjumlah 245 orang, yang terdiri dari 206 putri dan 39 putra.
“20 persen diantara mereka tidak tahu sama sekali membaca Al Qur’an. Alhamdulillah dengan bimbingan musyrif-musyrifah semuanya sudah bisa membaca Al Qur’an, meskipun masih butuh bimbingan dan tindaklanjut,” tambahnya menjelaskan.

Dalam program ini, kata Ad, mahasiswa dibimbing BBQ (Bimbingan Baca Qur’an), Hafalan Sholat, Bacaan Surah Pendek, Program Bahasa Inggris dan Arab, Pembinaan Seni dan Kreatifitas, Sholat 5 Waktu Berjamaah, Sholat Tahajud dilanjutkan Sahur bersama untuk Puasa Senin-Kamis, Latihan Kultum, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Outbound jelang akhir kegiatan.

Diakhir kegiatan, Rektor UMGO, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong menyampaikan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dibina UMGO, menjadi generasi yang Imannya kuat, Ilmunya tinggi, Akhlaknya baik dan softskillnya Hebat.

“Di UMGO, mahasiswa bukan cuman Islam, tapi ada juga Kristen dan Katolik. Semuanya akan dibina berdasarkan keyakinan masing-masing, karena UMGO menjalankan moderasi beragama dan pancasila yang sudah dipraktekkan,” ucapnya.

Berakhirnya program berasrama untuk gelombang pertama ini, kata rektor, menjadi awal untuk berproses. Sebab kalian adalah pelanjut estafet kepemimpinan. “Semua pembiasaan di asrama tolong dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari. Kepada orang tua yang mau memasukkan anaknya di UMGO, kami menunggu kedatangannya di kampus yang memiliki tagline imannya kuat, ilmu tinggi, akhlaknya baik dan softskillnya hebat,” tutupnya.

Diumumkan juga peserta terbaik putra dan putri di malam Inagurasi, yakni putra, 1) Tahir Supu prodi Ilmu Komputer FST, 2) Raihan Puluhulawa prodi Sastra Inggris FIS, 3) Abdul Hulainggi prodi Ilmu Keolahragaan FKIP. Untuk putri, 1) Anggi Putri Maulidah Fakultas Psikologi, 2) Ainun Husain prodi PGSD FKIP, 3) Sri Astita Mohi Fakultas Psikologi, dan peserta Favorit Serlin Yusuf prodi Keperawatan FIKES.

Hadir dalam malam Inaugurasi diantaranya seluruh Wakil Rektor, orang tua mahasiswa berasrama, para dekan, dosen, mahasiswa UMGO, orang tua calon mahasiswa baru, pembina putra-putri dan seluruh mahasiswa berasrama UMGO gelombang pertama. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *