DekotKotagor

Jangan Ada Penumpang Gelap Dalam Pelaksanaan Program, NR Monoarfa : Perencanaan Harus Tertata Rapi

137
×

Jangan Ada Penumpang Gelap Dalam Pelaksanaan Program, NR Monoarfa : Perencanaan Harus Tertata Rapi

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Dewan Kota Gorontalo, NR Monoarfa, ketika menghadiri kegiatan Musrembangda Tingkat Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

DEKOT (RAGORO)- Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Gorontalo, NR Monoarfa, menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembangda) tingkat Kecamatan Kota Tengah, pada Kamis (17/2) kemarin.

Ketika diwawancarai oleh sejumlah awak media, Sekwan NR Monoarfa menyampaikan hal yang perlu digarisbawahi bahwa sistem perencanaan saat ini lebih terarah dan terukur, karena seluruhnya diatur dengan aturan, sehingga berbicara dengan perencanaan itu dimual dari remuk warga, kemudian Musrembang kelurahan, dilanjutkan dengan masrembang Tingkat Kecamatan hingga seterusnya.

Disisi lain Ia jelaskan, hasil dari Musrembang juga harus disandingkan dengan Pokok pikiran (E-Pokir) DPRD. Dengan begitu sestem perencanaanya sama-sama membawa aspirasi masyarakat yang dimulai dari bawah kemudian dikawal dengan Pokir DPRD.” Jadi ketika beririsan atau bersinggungan itu dengan mudah dimput dalam RKPD.

Artinya jika sebuah perencanaan tertata rapi, mulai dari bawah sampai ke atas, maka nantinya tak ada yang dinamakan dengan penumpang gelap. Yang dimaksud dalam penumpang gelap itu misalnya program yang tidak masuk pada perencanaan malahan tiba-tiba teranggarkan, kadang kala program seperti itu teranggarkan akan tetapi tidak dibutuhkan oleh masyarakat.”kata Sekwan.(Fah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *