Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Mahasiswa Berasrama UMGO Ikuti LDK Angkatan I

247
×

Mahasiswa Berasrama UMGO Ikuti LDK Angkatan I

Sebarkan artikel ini
RANGKAIAN kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Angkatan I oleh Mahasiswa Program Berasrama Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

KAMPUS (RAGORO) – Pengelola Program Pembinaan Karakter Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) dan Penguatan Keberagamaan Program Berasrama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Kamis kemarin (10/2), menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Angkatan I di Gedung Indoor David Bobihue Akieb.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan calon pemimpin masa depan, dengan tema “Menggagas Pemimpin Prospektif Bersinergi Merancang Masa Depan”, selama 4 hari.

Ketua Pengelola PPKKMB Program Berasrama, Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan LDK angkatan I ini dilakukan agar mahasiswa program berasrama UMGO bisa menjadi pemimpin di masa depan. “Kalian akan dibekali materi tentang kepemimpinan agar kalian kelak menjadi pemimpin masa depan,” ungkapnya.

Dalam program berasrama ini, lanjutnya, para mahasiswa ibarat atlet yang mau mencapai garis finish. “Banyak atlet yang tidak memperhatikan stamina, kadang ada yang merasa mau menang sendiri, bahkan ada atlet yang jatuh sebelum garis finish. Saya harap adik-adik sebelum penarikan secara resmi program berasrama, tetap fokus mengikuti materi LDK, karena kalian akan menjadi pemimpin masa depan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome dalam sambutannya menyampaikan, salah satu dari tujuan LDK ini adalah mahasiswa UMGO tidak mengalami krisis kepemimpinan. “Kedepan, akan ada pemilihan BEM Universitas, BEM Fakultas dan HMPS, kalianlah yang menjadi harapan akan posisi itu,” terang Apris sebelum membuka kegiatan.

Dalam pelatihan ini, katanya, banyak materi yang akan disampaikan instruktur, baik itu teori maupun praktek, bahkan akan lebih banyak praktek untuk mengasah skill kepemimpinan mahasiswa.

Sesuai pantauan awak media, di hari kedua pelaksanaan LDK, Rektor UMGO, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong menyampaikan materi dihadapan ratusan peserta LDK tentang pentingnya seseorang menjadi pemimpin. Baginya menjadi pemimpin harus dimulai dengan kemampuan memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain.

“Ada filosopi kepala ikan, dimana ikan itu yang paling pertama membusuk adalah kepalanya. Jika suatu organisasi kepalanya busuk, maka seluruh tubuh yang lain akan busuk. Tidak ada ikan busuk mulai dari badannya, apalagi ekor, maka jika memilih ikan, lihat dulu kepalanya. Kepala itu ibarat pemimpin, itulah yang akan menentukan baik tidaknya organisasi itu,” terang rektor.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam LDK, diantaranya Organisasi Sebagai Alat Untuk Mencapai Tujuan oleh Dr. Apris Ara Tilome, Retorika dan Komunikasi Efektif oleh Ir. Drs. Ad Mahmudy Irdja, MM, Teknik Memimpin Sidang oleh Agus Salim Lamusu, M.Pd, Teknik Berdiskusi oleh Dr. Salahudin Pakaya, Keprotokoleran oleh Dr. Tamrin Kum, M.Pd, Moderasi Beragama oleh Dr. Arfan A. Tilome, dan Problem Solving oleh Prof. Dr. Ansar Made hingga materi Perawatan Jenazah dan Muhasabah oleh Usman Tahir.

Hari terakhir LDK diisi dengan acara Outbound untuk melatih kreatifitas, kerjasama tim, teknik memecahkan masalah dan bagaimana memimpin dalam satu kelompok. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Honda