KotagorPemkot

Tindak Lanjut Hasil Rakornas, Dinas Dukcapil Kota Segera Terapkan Layanan SIAK Terpusat

273
×

Tindak Lanjut Hasil Rakornas, Dinas Dukcapil Kota Segera Terapkan Layanan SIAK Terpusat

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Dukcapil Kota Gorontalo Yusrianto Kadir, foto bersama usai menghadiri Rakornas di Bali, Kamis (10/2, Foto Istimewa).

PEMKOT (RAGORO) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Kota Gorontalo akan segera terapkan layanan SIAK Terpusat ditahun 2022. Pelayanan SIAK Terpusat ini nantinya kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Yusrianto Kadir, SE., M.Ec.Dev akan diterapkan dengan sistem Adminduk Digital yang direalisasikan bagi Warga 7571 jiwa di Kota Gorontalo. “Layanan SIAK Terpusat dengan sistem Adminduk Digital nantinya kami akan realisasikan bagi 7571 warga yang ada di Kota Gorontalo. Kami juga akan melakukan sosialisasi terkait dengan penerapan Digital ID, ditahun 2022 ini. Dan sistem data administrasi kependudukan (Adminduk) tersebut, nantinya akan langsung masuk pada sistem pusat di dirjen Dukcapil. “ujar Yusrianto Kadir kepada Harian RG, usai mengikuti Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2022 se Indonesia, Kamis (10/2/22) bertempat di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, kemarin. Rakornas yang bertemakan SIAK Terpusat, “Layanan Administrasi Kependudukan Digital Dalam Genggaman”, kata Yusrianto, dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Bapak Prof. Dr. Muhammad Tito Karnavian pada hari selasa tanggal 8, berakhir di tanggal 10 Pebruari 2022.

“Acara yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut di ikuti oleh seluruh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Bapak Prof. Dr. Muhammad Tito Karnavian, “ucapnya. Penegasan Mendagri Muhammad Tito Karnavian, pada saat itu kata Yusrianto, menyampaikan agar Layanan Adminduk ini dilaksanakan dengan integritas yang tinggi, inovatif dan tanpa pungli. Dengan tujuan, agar layanan Dukcapil di Indonesia akan semakin berkualitas dan lebih mudah dan cepat.

“Menyikapi hal tersebut, tentunya kami selaku Dinas Dukcapil Kota Gorontalo siap menerapkan Layanan SIAK Terpusat dalam sistem Adminduk Digital yang nantinya akan kita realisasikan yang diawali dengan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait dengan penerapan Digital ID, di Kota Gorontalo, “jelas Yusrianto. Berdasarkan catatan Dirjen Dukcapil Bapak Prof. Dr. Zudan Aruf Fakrulloh, SH, MH menyebutkan bahwa, sejarah perubahan sistem Adminduk sejak tahun 1995 penerapan Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK), di tahun 2000 Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIREP), di tahun 2003 Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Online (SIAK Online), di Tahun 2005 Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Terdistribusi (SIAK Terdistribusi), dan ditahun 2020 Sistem Administrasi Kependudukan Terpusat (Adminduk Terpusat).(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *