KotagorPemkot

Ketua PKK Kota, Tinjau 4 Titik Dasa Wisma Kelurahan

256
×

Ketua PKK Kota, Tinjau 4 Titik Dasa Wisma Kelurahan

Sebarkan artikel ini
Ketua PKK Jusmiaty Taha Kiayi Demak saat meninjau Dasa Wisma Kelurahan, Selasa (25/1, Foto PKP).

PEMKOT (RAGORO)- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kota Gorontalo Jusmiaty Taha Kiayi Demak, tinjau empat (4) titik Kelompok Dasa Wisma Kelurahan yang berada di Kota Gorontalo.

Dari ke empat kolompok Dasa Wisa kelurahan tersebut, seperti yang berada di Kelurahan Biawu, Kelurahan Donggala, Kelurahan Batu dan Kelurahan Ipilo. “Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera.

Olehnya itu, perlu pendampingan dalam hal meningkatkan sinergitas untuk melaksanakan program-program PKK yang berada di Kota Gorontalo, “ujar Jusmiaty, Selasa (25/1/2022) usai kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Dasa Wisma merupakan sepuluh program kerja Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Dimana kader Dasa Wisma tersebut kata Jusmiaty, turut menjadi agen penggerak bagi warga di Kota Gorontalo.

“Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan, “ucapnya.

Jusmiaty juga mengungkapkan, fungsi kelompok Dasa Wisma ini adalah sebagai penggerak dan pembina masyarakat di lingkungannya untuk turut mensukseskan pelaksanaan program pokok PKK. Sedangkan tugas kelompok dasa wisma itu adalah mencatat dan membuat laporan dengan mengunjungi rumah – rumah dan menanyakan tentang data keluarga.

“Dalam mensukseskan suatu program kegiatan, dibutuhkan kerja sama. Olehnya itu saya berharap agar saling berkoordinasi antara satu dan lain, dan terpenting lagi bangun kerja sama antara kader PKK Kecamatan dan kelurahan sehingga apa yang kita harapkan ditahun ini agar bisa tercapai, “tandas Jusmiaty.

Diketahui pula, Dasa wisma sendiri adalah kelompok yang terdiri dari 10 sampai 20 kepala keluarga didalam satu RT, yang diketuai oleh salah seorang ketua kelompok yang dipilih diantara 10-20 kepala keluarga tersebut. Serta Dasa wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera.(lev).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *