BonbolDewan Bone Bolango

Bapemperda Siapkan Raker Bahas 9 Ranperda

183
×

Bapemperda Siapkan Raker Bahas 9 Ranperda

Sebarkan artikel ini
KEGIATAN rapat yang dilaksanakan di DPRD Bone Bolango. (foto/istimewa)

BONE BOLANGO (RAGORO) – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bone Bolango sedang mempersiapkan rapat kerja (raker) tahunan dalam rangka membahas 9 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usul inisiatif legislatif.

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Bone Bolango, Syamsu Botutihe menyampaikan raker tahunan ini akan membahas penyelesaian Ranperda selama tahun 2022.

Dimana kata Syamsu, kalau sebelumnya hanya ada tujuh ranperda yang disiapkan, saat ini ada ketambahan dua ranperda lagi. Sehingga itu, untuk tahun 2022 ini, ada 9 ranperda yang akan dibahas, yakni lima ranperda dibahas semester pertama dan empat ranperda akan dibahas semester kedua.

“untuk tujuh ranperda itu diantaranya ranperda tentang Penyelenggaraan Bumdes, Penyelenggaran PTSP, Bangunan Gedung, Cagar Budaya, Pemberian Insentif dan Kemudahan Berusaha, kemudian ketambahan dua ranperda yakni ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta ranperda Kabupaten Layak Anak,” ujarnya.

Syamsu menjelaskan dalam pembahasan ranperda ini akan diawali dengan penerbitan SK tim penyusun naskah akademik yang akan bekerja lebih kurang satu bulan untuk menyusun naskah akademik.

Sesudah itu, naskah yang sudah dibuat itu akan diserahkan kepada Bapemperda, kemudian diteruskan ke pimpinan untuk selanjutnya dibahas pada rapat paripurna tingkat satu tentang persetujuan eksekutif terkait dengan ranperda itu, apakah dilanjutkan pembahasannya atau tidak.

“insyaAllah dalam waktu dekat ini kita akan raker agar pembahasan-pembahasan ranpeda ini bisa lebih maksimal,” tuturnya. (awal-46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *