OpeningProvinsi

Penyempurnaan DTKS dari Desa

408
×

Penyempurnaan DTKS dari Desa

Sebarkan artikel ini
Upaya dari jajaran Deprov dalam mengawal penyempurnaan akan program DTKS, dengan melakukan kunjungan kerja serta koordinasi ke kementerian serta instansi terkait di pemerintah pusat, belum lama ini. (foto: dok)

GORONTALO (RG) – Program pencatatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang lazim digunakan pemerintah sebagai pegangan dalam mengakomodir data masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan, akan terus dikawal penyempurnaannya oleh jajaran Deprov Gorontalo. Sehingga, dari waktu ke waktu, semakin diminimalisir ketidakakuratan datanya, dari desa/kelurahan di daerah, sampai ke pemerintah pusat.

Dimana, diharapkan oleh Wakil Ketua Deprov, Sofyan Puhi, salah satu hal yang perlu dibenahi adalah penyempurnaan pencatatan DTKS itu, dari tingkat desa/kelurahan. “Mengapa? Karena ternyata, dari kunjungan kerja dan koordinasi kita (Deprov) baru-baru ini terkait DTKS ke pemerintah pusat, ada kendala di pencatatan DTKS di tingkat desa/kelurahan itu.

Seperti keterbatasan sarana prasarana berupa komputer untuk menginput dan mem-verifikasi pencatatan warga-nya yang masuk ke DTKS. Yang diduga penyebabnya, karena satu unit komputer digunakan untuk banyak kegiatan di setiap desa/kelurahan itu.” ungkap Sofyan Puhi.

Olehnya, lanjut Sofyan, hal-hal atau kegiatan yang meski dinilai sederhana atau sepele seperti ini, perlu dilakukan pembenahan dari koordinasi dan sinergitasnya dari pemerintah kabupaten/kota setempat. “Sehingga, mudah-mudahan dari penyempurnaan kegiatan yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan seperti ini, akan diikuti berjenjang di tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai ke pemerintah pusat,” harap mantan Wakil Bupati Gorontalo itu. (ayi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *