Bonbol

APBD Tahun 2022 Berdampak Pada Sektor Kesehatan

329
×

APBD Tahun 2022 Berdampak Pada Sektor Kesehatan

Sebarkan artikel ini
BUPATI Hamim Pou menyampaikan sambutannya pada rapat paripurna DPRD dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Terhadap Ranperda tentang APBD Bone Bolango Tahun Anggaran 2022, di ruang Sidang DPRD, Selasa (16/11/2021). (F.AKP/Diskominfo)

BONE BOLANGO (RAGORO) – Terjadinya penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2021, salah satunya berdampak pada sektor kesehatan. Hal ini diungkapkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya pada rapat paripurna DPRD dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Terhadap Ranperda tentang APBD Bone Bolango Tahun Anggaran 2022, di ruang Sidang DPRD, Selasa (16/11/2021).

Bupati Hamim Pou, mengungkapkan menurunnya APBD Bone Bolango tahun 2022 hingga mencapai Rp156 miliar dari APBD sebelumnya tahun anggaran 2021 Rp1,080 triliun dan tahun tahun anggaran 2022 nanti hanya kurang lebih Rp940 miliar, tentu berdampak pada seluruh sektor, di antaranya pada sektor kesehatan. Di sektor kesehatan misalnya, kemungkinan juga akan banyak bidan yang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) maupun honorer harus kita berhentikan. ”tentu tidak mungkin kita memberhentikan bidan. Apabila hal tersebut kita lakukan, maka akan mengancam berlangsungan pelayanan kesehatan, terutama terhadap ibu hamil dan anak,” tegas Bupati Hamim Pou. Karena itu, guna mengamankan pembelanjaan APBD di sektor kesehatan termasuk sektor pendidikan ini, lanjut Bupati ada beberapa solusi walaupun ini tidak populis untuk kita semua.

”kita harus arif dan bijaksana, kabupaten lain saja bisa dan berani, maka saya harus terbuka akan menyeleksi ulang tenaga-tenaga honorer, terutama tenaga administrasi,” ujar Bupati Hamim. Di saat yang sama, Bupati Hamim Pou juga mengungkapkan bahwa pihaknya belum bisa menaikkan insentif para dokter, terutama para dokter spesialis. ”mohon kita sama-sama berempati, karena kondisi yang tidak begitu baik ini,” tukas Bupati. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *