OpeningUniversitas Muhammadiyah Gorontalo

Pengabdian Dosen Kebidanan UMGO, Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

129
×

Pengabdian Dosen Kebidanan UMGO, Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sebarkan artikel ini
kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis oleh para dosen kebidanan dan mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) di Desa Deme Dua, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorotalo Utara (Gorut).

KAMPUS (RAGORO) – Sektor kesehatan menjadi prioritas para dosen kebidanan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) dalam pengabdiannya tahun 2021 ini.

Mereka mengadakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis, di Desa Deme Dua, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Para dosen kebidanan ini tidak bekerja sendiri, mereka dibantu oleh para mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) UMGO yang berada di desa Deme Dua.

Adapun tema yang diusung ialah “Edukasi Penyakit Tidak Menular Pada Masyarkat Pesisir Pantai Deme Dua”.

“Kegiatan ini kita integrasikan dengan mahasiswa UMGO, yakni pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia, termasuk pencegahan dan promosi senam lansia.

Kami juga memberikan penyuluhan terkait 1.000 hari kehidupan pertama agar masyarakat tau kualitas lansia itu dimulai dari kehidupan dalam janin hingga lahir.

Yakni kehidupan yang sehat dan tidak kurang gizi,” terang Kaprodi Kebidanan, dr. Zulaika F. Asikin, M.Kes.

Adapun untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh para dosen ialah pemeriksaan tekanan darah tinggi, gula darah serta asam urat untuk memastikan bahwa masyarakat tidak mengalami penyakit yang terinfeksi pada lansia yakni penyakit degeneratif.

Sementara itu, salah satu masyarakat Deme Dua, Febrianto Pilahunga mengucapkan banyak terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa KKD UMGO yang turut menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Kegiatan ini merupakan suatu kebanggan kepada kami. Kami bisa tau apakah ada penyakit yang kami derita atau tidak.

Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada para dosen dan mahasiswa KKD UMGO yang sangat peduli kepada warga desa,” pungkasnya. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *