Bonbol

Tarik Retribusi Masuk, Fasilitas Wisata Diperbaiki

147
×

Tarik Retribusi Masuk, Fasilitas Wisata Diperbaiki

Sebarkan artikel ini
Merlan S. Uloli

BONE BOLANGO (RAGORO) – Pemberlakuan retribusi masuk bagi pengunjung diharapkan bisa memperbaiki fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata.

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengatakan pemberlakuan retribusi masuk di tempat wisata untuk para pengunjung ini telah dikomunikasikan dan disepakati dengan Camat dan Kepala Desa di Kecamatan Kabila Bone, tokoh masyarakat, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Ini kita lakukan untuk peningkatan PAD Bone Bolango lebih baik agar Bone Bolango mampu memperbaiki fasilitas-fasilitas khususnya di tempat wisata,”kata Wabup Merlan pada kegiatan pembekalan para penjaga pos maupun petugas retribusi wisata di Kecamatan Kabila Bone, di Kedai Sebrang Jawa, Huangobotu, Rabu (13/10/2021).

Menurut Wabup Merlan masih banya hal yang harus dibenahi di objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango, khususnya dalam pembangunan fasilitas penunjang.

Olehnya itu, ia berharap dari penarikan retribusi ini dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam membangun fasilitas tersebut.

“Untuk itu, hari Sabtu akan kita mulai, saat ini sudah dimulai dengan pemasangan spanduk-spanduk terkait dengan tarif retribusi.

Orang besar Rp5.000, dan anak-anak di bawah umur 12 tahun Rp3.000,”terang Wabup Merlan yang turut didampingi Kepala BKPD Jusni Bolilio yang juga Plt. Asisten II, Tim Kerja Bupati Upik Nadjamudin, Camat Kabila Bone Dahlan Tomelo, serta perwakilan dari Disparekraf dan Kapolsek Kabila Bone.

Bukan hanya itu, Wabup juga berharap dengan penarikan retribusi di tempat wisata dapat pula mendukung pembangunan disektor lain yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Seperti perbaikan jalan, Puskesmas, dan Sekolah.

“Semuanya itu untuk kepentingan seluruh masyarakat Bone Bolango, khususnya masyarakat di Kabila Bone,”ungkap Wabup Merlan.

Ia juga menekankan penarikan retribusi masuk di tempat wisata tidak akan mengganggu pendapatan masyarakat yang selama ini sudah berjalan.

Sebab yang akan diambil oleh pihak Pemerintah hanya bagian dipintu masuk.”Insya Allah ini bagian ikhtiar kita untuk kemajuan Bone Bolango,” ujar Wabup Merlan. (awal-46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *