oleh

Airlangga Kirim Jagung dari Pelabuhan Tilamuta

GORONTALO (RAGORO) – Kamis besok, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Airlangga Hartato akan datang ke Gorontalo.

Ada acara penting apa sehingga Menteri Ekonomi ini mau datang ke Gorontalo? Ternyata mau menghadiri Panen Raya Jagung dan melepas pengiriman 641 ribu Ton lebih jagung ke Makassar dan Jakarta melalui pelabuhan Tilamuta.

Menurut Gubernur, sengaja jagung Gorontalo tidak di ekspor karena untuk mengatasi kelangkaan jagung nasional. “kini Gorontalo menjadi penyangga jagung nasional,” ungkap RH.

Ditambahkannya, stok jagung Gorontalo sangat besar, dari panen mulai Oktober sampai Desember saja ada 23 ribu ton.

Sepertinya pelabuhan Tilamuta ini menjadi jawaban atas besarnya biaya transportasi. Itu satu hal dan hal lainnya adalah produksi jagung dari Pohuwato dan Boalemo sangat besar, makanya sangat efisian kalau pengiriman jagung bisa lewat pelabuhan Tilamuta, dan pelabuhan Tilamuta ini bisa melayani pengiriman jagung dari Parigi Mautong, dan biayanyapun murah karena ada Tol Laut.

Sementara kalau kewat Pelabuhan Anggrek sangat jauh dan pasti biayanya mahal dan truk-truk pengangkut jagung ke sana akan merusak jalan, beda dengan menggunakan Tol laut.

Gubernur yang dihubungi tadi malam mengatakan Menteri Ekonomi Airlangga berkenan datang ke Gorontalo karena kegiatan panen raya dan pengiriman jagung ini sangat penting bila dikaitkan dengan kelangkaan jagung nasional. (awal-46)

Don't Miss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.