Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Dihadiri Plt. Bupati, Mahasiswa UMGO Sukses Gelar Festival Kampung Tani

149
×

Dihadiri Plt. Bupati, Mahasiswa UMGO Sukses Gelar Festival Kampung Tani

Sebarkan artikel ini
NAMPAK Plt. Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Yusuf sedang melakukan penanaman salah satu bibit pohon yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Kampung Tani yang dilaksanakan Mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Angakatan XVIII, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO).

KAMPUS (RAGORO) – Dalam rangka menyemarakkan Hari Tani Nasional tahun 2021, Mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Angakatan XVIII, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Sabtu kemarin (25/9), menggelar Festival Kampung Tani di Desa Jatimulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Kegiatan ini lahir dari ide dan gagasan peserta KKD kluster Jatimulya sebagai bentuk penghargaan terhadap pahlawan-pahlawan tani yang selama ini telah berjuang keras dalam menjaga ketahanan pangan di Gorontalo.

Tak hanya itu, upaya yang dilakukan mahasiswa KKD ini juga berhasil mengobati kerinduan masyarakat terhadap sosok pimpinan kabupaten Boalemo.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, Plt. Bupati Boalemo bisa hadir dan berdialog langsung dengan masyarakat Jatimulya yang mayoritasnya adalah petani,” ungkap Koordinator Desa (Kordes) Jatimulya, Alwin Ibrahim, saat memberikan laporan.

Sesuai pantauan awak media, Festival Kampung Tani dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan yang menarik, seperti Pembagian dan Penanaman 1.000 Bibit Pohon Buah dan Dialog Tani antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat Tani. Nantinya, pada penutupan Festival ini, akan dilaksanakan kegiatan Pawai Tani oleh mahasiswa KKD dan perwakilan masyarakat.

Atas inisiatif yang dilakukan mahasiswa KKD UMGO ini, Plt. Bupati Boalemo, Ir. H. Anas Yusuf sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas mahasiswa untuk melaksanakan program-program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa KKD UMGO atas pertemuan ini. Sangat-sangat luar biasa, mulai dari penanaman dan pembagian 1.000 Bibit Pohon Buah dan dilanjutkan dengan Dialog Tani antar pemerintah dan masyarakat,” terangnya.

Bagi Anas, Festival Kampung Tani adalah sebuah kegiatan yang sangat positif. Dia berharap, kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan terus oleh mahasiswa-mahasiswa KKD selanjutnya. Termasuk pemberian edukasi kepada masyarakat, pasca penanaman 1.000 Bibit Pohon Buah.

“Tolong diberikan juga edukasi kepada masyarakat, agar
tidak sekedar menanam, tetapi bagaimana bisa menjaga dan merawat tanaman tersebut,” papar Anas.

“Saya harap program-program KKD UMGO bisa terus dipertahankan, yakni program-program yang bersentuahan langsung dengan masyarakat. Sekali lagi terimakasih dan penghargaan yang tinggi terhadap adik-adik mahasiswa,” tambahnya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UMGO yang juga Ketua Panita KKD Angkatan XVIII, Tisen S.Pd.,M.Si., juga turut memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKD UMGO klaster Jatimulya. Kegiatan ini sangat-sangat berarti bagi petani yang merasakan langsung dampak dari pandemi Covid-19.

“Saya ucapakan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang hari ini (kemarin_red) telah sukses memeriahkan Festival Kampung Tani dalam memperingati Hari Tani Nasional, sekaligus membuktikan diri bahwa kehadiran teman-teman disini benar-benar layak adanya.

Insya Allah kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar terhadap perkembangan pertanian yang ada di Desa Jatimulya,” pungkasnya. (rg-63/HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *