Bonbol

Aparat Harus Jeli Kelola Potensi Desa

187
×

Aparat Harus Jeli Kelola Potensi Desa

Sebarkan artikel ini
SEKDA Ishak Ntoma saat membuka kegiatan Bimtek aparatur desa. (foto/istimewa)

BONE BOLANGO (RAGORO) – Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa yang Profesional se-Kecamatan Bulango Utara, di Hotel Aston Jumat (3/9/2021).

Pada kesempatan itu, Sekda mengingatkan soal potensi dan masalah di desa yang harus menjadi perhatian aparat desa. Melalui Bimtek ini, aparat desa dituntut meningkatkan kapasitas desa.

“Desa seperti mata rantai, karena di Desa menjadi kekuatan pertahanan NKRI,” jelasnya. Sekda mengatakan, dalam membangun daerah dari desa, kalau desa tidak diurus akan banyak urbanisasi, disitu disinyalir akan menjadi penyakit kemiskinan.

Pada kegiatan itu, Sekda seolah bernostalgia dengan masa lalunya sebagai Kepala Dinas Pemdes Provinsi Gorontalo. Sekda dikenal dengan program reaksi, aksi, strategi pembangunan desa.

Sekda menjelaskan, reaksi dimaksudkan agar Kades, Camat, SKPD harus bereaksi dengan kondisi di desa, terkait potensi sekaligus masalah.

Selanjutnya aksi, setelah reaksi menjadi aksi, itu harus. Selanjutnya ada strategi yang artinya strategi dalam upaya pembangunan desa.

Kondisi saat ini, di desa banyak uang, akan lahir banyak ide, namun penting untuk melakukan kolaborasi dengan yang lain dan strategis yang tepat. “pemberdayaan masyarakat menjadi fokus, ada keterlibatan yang disebut gotong royong,” terangnya. (awalludin-46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *